KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AKTIVITAS PENGANGKUTAN TANAH PENUTUP DI CV. TRIKARYA KECAMATAN KOKAP, KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PUTRA, RENDI DUANA ADITAMA (2019) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AKTIVITAS PENGANGKUTAN TANAH PENUTUP DI CV. TRIKARYA KECAMATAN KOKAP, KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Ringkasan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Menganalisis tingkat kekerapan kecelakaan dan tingkat keparahan dibutuhkan data statistik kecelakaan. Mengidentifikasi potensi-potensi bahaya yang ada pada aktivitas pengangkutan tanah penutup dan upaya penanggulangannya dapat dilakukan mengunakan acuan yang ada untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Mengkaji sistem manajemen keselematan pertambangan elemen implementasi pada program keselamatan dan kesehatan kerja CV. Trikarya pada aktivitas pengangkutan tanah penutup. Adapun metode penilitian ini menggabungkan antara studi pustaka dengan data-data yang diperoleh di lapangan, adapun urutan penelitian sebagai berikut: Studi literatur; Observasi lapangan; Pengambilan data; Pengolahan data dan analisis data; kesimpulan. Pada pelaksanaan penambangan di CV. Trikarya, ditemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, khususnya pada kegiatan pengangkutan lapisan tanah penutup. Berdasarkan statistik kecelakaan kerja pada CV. Trikarya terdapat kecelakaan kerja dengan Frequency Rate sebesar 6,77 dan Severity Rate sebesar 0 pada tahun yang sama yaitu tahun 2017. Selain itu, selama berlangsungnya penelitian, ditemukan berbagai potensi bahaya pada kegiatan pengangkutan lapisan tanah penutup yang diakibatkan oleh tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman. Oleh karena itu, diperlukannya identifikasi potensi bahaya dan cara pengendalian risiko dari tiap potensi bahaya yang ada. Kajian mengenai sistem manajemen keselamatan yang ada pada perusahaan harus sesuai dengan KEPMEN ESDM 1827K/30/MEM/2018, dari semua poin yang ada pada elemen implementasi harus dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:05
Last Modified: 25 Sep 2019 03:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item