APLIKASI TOMBOL PANIK JOGJA SIGAP SEBAGAI MEDIA PELAPORAN KRIMINALITAS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API BERBASIS ANDROID (Studi Kasus :POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta)

Putera, Ergan Pramudita Hadi (2019) APLIKASI TOMBOL PANIK JOGJA SIGAP SEBAGAI MEDIA PELAPORAN KRIMINALITAS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API BERBASIS ANDROID (Studi Kasus :POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123140066_Ergan Pramudita Hadi Putera.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_123140066_Ergan Pramudita Hadi Putera.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123140066_Ergan Pramudita Hadi Putera.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123140066_Ergan Pramudita Hadi Putera.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Sepanjang tahun 2018 berdasarkan data Polda DIY kasus kriminalitas di Yogyakarta meningkat menjadi 5,013 kasus kriminal dibanding tahun sebelumnya yaitu 4,795 tindak kriminal. Adapun contoh kasus kriminal yang sering terjadi di Yogyakarta yaitu pencurian, penipuan, penganiayaan, pelecehan seksual,pengeroyokan dan masih banyak lagi. Aksi kriminal tersebut pun membuat masyarakat Yogyakarta khawatir, terutama saat melintas dijalan sepi sendirian. Untuk mencegah kasus kriminal lainnya, dari pihak kepolisian sudah melakukan sejumlah upaya. Mulai dari patroli rutin dan razia pada malam hari serta operasi yang dilakukan Tim Progo Sakti Polda DIY. Layanan call center 110 dan layanan SMS disediakan sebagai layanan pelaporan atau pengaduan 24 jam dari kepolisianpun disediakan sebagai pelayanan kepolisian terhadap masyarakat. Saat terjadi kriminal setiap orang yang melihat, menyaksikan atau menjadi korban peristiwa untuk melakukan pelaporan terhambat, dikarenakan harus mencari dan menemukan polsek atau terdekat dahulu untuk melakukan pelaporan dan tidak semua masyarakat tahu tentang nomor pelayanan call center dan layanan smsnya, apalagi bagi masyarakat pendatang pastinya akan kesulitan untuk menemukan letak-letak polsek dan polres terdekat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini akan merancang suatu aplikasi berbasis android dengan menggunakan teknologi Global Position System (GPS). Penelitian ini diterapkan untuk membantu Kepolisian dalam melayani masyarakat serta membantu masyarakat untuk mempermudah dalam hal pelaporan tindak kriminal juga sebagai media pelopor masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kriminal, Kepolisian, Pelaporan, Yogyakarta, Polda.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:01
Last Modified: 24 Sep 2019 08:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21242

Actions (login required)

View Item View Item