PENENTUAN PRIORITAS PENINGKATAN KUALITAS JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Pada Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan Yogyakarta)

ARIFIANTO, NUR HAKIM (2019) PENENTUAN PRIORITAS PENINGKATAN KUALITAS JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Pada Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nur Hakim Arifianto, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 152150020, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Judul penelitian “PENENTUAN PRIORITAS PENINGKATAN KUALITAS JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN INDEKS POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV). Dosen pembimbing I Sauptika Kancana dan Dosen pembimbing II Adi Soeprapto.
Tujuan penelitian adalah (1) menganalisis tingkat kesesuaian antara kepentingan (Importance) pelanggan dan kinerja (performance) perusahaan terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan (2) menentukan prioritas peningkatan kualitas jasa berdasarkan tingkat kesesuaian dan indeks Potential Gain Customer Value (PGCV) untuk meningkatan kualitas jasa yang diberikan oleh Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan Yogyakarta selama kurang lebih 2 bulan yaitu bulan April -Juni 2019. Penentuan jumlah sampel akan ditentukan dengan level of confidance 90% dan margin of error sebesar 10% maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Keputusan peneliti menambah sampel menjadi 98 responden agar sampel semakin baik dalam mewakili populasinya dan hasil semakin baik untuk digeneralisasikan. Teknik penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah didasarkan pada metode Non Probabiliy Sampling dengan menggunakan pendekatan Accidental Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesesuaian antara kepentingan (Importance) pelanggan dan kinerja (performance) perusahaan terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan memiliki rata – rata tingkat kesesuaian dibawah 100 % yaitu sebesar 88,35 % yang berarti perusahaan kurang atau tidak memenuhi apa yang dianggap penting oleh pelanggan dan pelayanan belum memuaskan; (2) prioritas peningkatan kualitas jasa (prioritas utama pada kuadran A diagram IPA dengan indeks PGCV) yaitu: 1)Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan memiliki sparepart lengkap, 2)Peralatan yang digunakan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan lengkap, 3)Karyawan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan memberitahu pelangganya kapan pastinya jasa servis sepeda motor akan disampaikan, 4)Karyawan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan selalu siap dalam merespon permintaan pelanggan, 5)Mekanik Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan cepat dalam menyervis sepeda motor, 6)Karyawan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan senantiasa mampu menjawab pertanyaan terkait dengan sepeda motor Yamaha, 7)Karyawan Bengkel Yamaha Sumber Baru Motor Demangan selalu mengutamakan harapan para pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:37
Last Modified: 08 Sep 2023 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item