PRESENTASI DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KUALITATIF TENTANG PRESENTASI DIRI FOODSTAGRAM INFLUENCER DI YOGYAKARTA)

Mahdian, Efin Agam (2019) PRESENTASI DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KUALITATIF TENTANG PRESENTASI DIRI FOODSTAGRAM INFLUENCER DI YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kehadiran teknologi komunikasi memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Adanya teknologi komunikasi, kehidupan dan kegiatan manusia menjadi sangat mudah dan cepat. Manusia dapat mengolah berbagai segala jenis informasi dalam berbagai bentuk seperti gambar, suara, teks, dan lain-lain. Media sosial Instagram muncul karena sebagai salah satu wujud dari adanya perkembangan teknologi komunikasi. Begitu banyak konten yang bermunculan di Instagram, makanan menjadi salah satu yang menjadi favorit bagi para pengguna Instagram. Adanya Instagram memunculkan banyaknya fenomena-fenomena dan tren baru. Instagram juga semakin memudahkan manusia dalam mengolah informasi, termasuk informasi mengenai dirinya sendiri melalui presentasi diri. Salah satu fenomena atau tren yang sedang berkembang di Instagram adalah konten makanan dan foodstagram influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana presentasi diri foodstagram influencer di Yogyakarta menggunakan metode kualitatif dan pendekatan dramaturgi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa aspek penting yang dipersiapkan, dilakukan, dan dilihat oleh foodstagram influencer yang berkaitan seperti, setting panggung, penampilan (appearance), dan gaya bertingkah-laku (manner) untuk menunjang presentasi diri mereka di panggung depan. Tidak ditemukan adanya aktifitas atau hal lain yang bersebrangan antara presentasi diri foodstagram influencer di panggung depan maupun panggung belakang. Pada panggung belakang ini foodstagram influencer menampilkan diri mereka yang seutuhnya akan tetapi tetap menjaga image atau kesan yang sudah mereka bentuk di Instagram demi mendapat reputasi yang baik bagi para pengikutnya dan bagi brand yang hendak ingin bekerjasama. Kesimpulan bahwa presentasi diri foodstagram influencer mampu menunjukan status kesan yang baik dengan menggunakan atribut-atribut dan mengatur sikap perilaku yang sudah mereka rancang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Instagram, New Media, Presentasi Diri, Dramaturgi, Foodstagram Influencer.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:25
Last Modified: 20 Sep 2019 07:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21155

Actions (login required)

View Item View Item