POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA NGLANGGERAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI COMMUNITY BASED TOURISM (Studi pada Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta)

Khoirunisa, Pusparini (2019) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA NGLANGGERAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI COMMUNITY BASED TOURISM (Studi pada Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAC &&&.pdf]
Preview
Text
ABSTRAC &&&.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of skripisi-fix.pdf] Text
skripisi-fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Desa Wisata Nglanggeran dikelola oleh masyarakat yang terkumpul dalam Kelompok Sadar Wisata Desa Nglanggeran. Desa Wisata Nglanggeran mampu bertahan selam 11 tahun dengan meraih prestasi. Desa Wisata Nglanggeran pernah mendapat predikat sebagai desa wisata terbaik se-ASEAN. Tidak hanya itu saja Desa Wisata Nglanggeran juga menerima apresiasi ASEAN Community Based Tourism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi serta siapa saja aktor dominan di Desa Wisata ngelanggeran dalam mempertahankan prestasi Community based tourism. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori analisis proses interaksi, konsep pola komunikasi, konsep komunikasi pariwisata serta konsep community based tourism. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif interpretif yang mana peneliti bukan hanya mendeskripsikan hasil penelitian melainkan juga akan menginterpretaskan penelitian yang telah diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi dalam Pokdarwis Desa Wisata Nglanggeran yaitu pola komunikasi linear, sikular serta dimaksimalkan dengan pola komunikasi sekunder. Terdapat dua aktor dominan dalam Pokdarwis Desa Nglanggeran yaitu Mursidi serta Suranto. Pokdarwis Desa Nglanggeran menggunakan manajemen satu pintu dalam mengelola pariwisatanya. Pokdarwis Nglanggeran menggunakan pola komunikasi secara tatap muka dan memberikan feedback dalam komunikasinya yang biasa dilakukan saat melakukan evaluasi mingguan. Pokdarwis Desa Wisata Nglanggeran juga menggunakan pola komunikasi sekunder yang menggunakan media sebagai alat penyampaian pesan, media yang digunakan adalah media sosial Whatsapp. sehingga penyampaian informasi lebih efektif karna lebih cepat dan mampu mencakup banyak khalayak.
Kata kunci: Pola komunikasi, community based tourism, Desa Wisata Nglanggeran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, community based tourism, Desa Wisata Nglanggeran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:54
Last Modified: 24 Oct 2023 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item