Studi Deskriptif Komunikasi Kelompok Komunitas Mifans Djogja Dalam Mempertahankan Loyalitas dan Minat Pembelian Produk Xiaomi

Priambodo, Topan Juwhan (2019) Studi Deskriptif Komunikasi Kelompok Komunitas Mifans Djogja Dalam Mempertahankan Loyalitas dan Minat Pembelian Produk Xiaomi. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Depan.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Abstrac.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Produk smartphone Xiaomi hadir dengan kualitas terbaik dikelasnya dan didukung dengan harga yang cenderung dibawah rata – rata membuat masyarakat memiliki ketertarikan terhadap produk Xiaomi. Sayangnya pemasaran yang dilakukan Xiaomi dengan cara melalukan flash sale terhadap produk – produk baru yang rilis menyebabkan kelangkaan produk tersebut. Hal ini kemudian menjadikan masyarakat ingin mengetahui infomasi lebih, salah satunya melalui sarana komunitas. Para anggota komunitas melakukan diskusi dengan memanfaatkan social messager yang ada yaitu pada grup chat Telegram. Lalu, Bagaimana Komunikasi Kelompok Komunitas Mifans Djogja Dalam Mempertahankan Loyalitas dan Minat Pembelian Produk Xiaomi? Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana faktor komunikasi kelompok komunitas Mifans Djogja dan mengetahui fungsi komunikasi kelompok komunitas Mifans Djogja dalam mempertahankan loyalitas dan minat pembelian produk Xiaomi. Teori yang digunakan dalam penelian ini adalah Teori Determinisme Teknologi dan Teori Perilaku Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriftif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu anggota komunitas MiFans Djogja sedangkan, obyek penelitian ini yaitu komunikasi yang terjadi didalam grup Telegram komunitas MiFans Djogja. Peran komuintas Mifans Djogja dalam menarik minat pembelian yaitu sebagai wadah pertukaran dan pencarian informasi yang dibutuhkan oleh anggotanya terkait penjualan Xiaomi maupun ketika mereka memiliki kendala terhadap produk Xiaomi yang mereka gunakan. Komunitas ini juga menjalankan fungsi yang terdapat dalam Teori Komunikasi Kelompok yaitu Fungsi Sosial, Fungsi Pendidikan, Fungsi Persuasif, Fungsi Problem Solving, dan Fungsi Terapi. Berjalannya fungsi dan peran kelompok dengan baik membuat seorang memutuskan untuk membeli dan terus menerus menggunakan produk tersebut bahkan hingga merekomendasikannya kepada orang – orang terdekat mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Xiaomi, MiFans, Telegram, Determinasi Tekonologi, Komunikasi Kelompok, Perilaku Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:23
Last Modified: 19 Sep 2019 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item