PENGOLAHAN AIRTANAH TERCEMAR LOGAM BERAT MERKURI (HG) AKIBAT PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH DENGAN ADSORPSI KARBON AKTIF DI DESA CIHONJE, KECAMATAN GUMELAR, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH

Alfianda, Indra (2019) PENGOLAHAN AIRTANAH TERCEMAR LOGAM BERAT MERKURI (HG) AKIBAT PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH DENGAN ADSORPSI KARBON AKTIF DI DESA CIHONJE, KECAMATAN GUMELAR, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
Skripsi S1 Indra Alfianda 114130004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penambangan merupakan sektor alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Desa Cihonje, Kabupaten Banyumas terdapat kegiatan penambangan emas yang di kelola secara mandiri oleh masyarakat. Kegiatan pertambangan tersebut menggunakan cara tradisional. Masyarakat dalam usaha pengekstrakan emas menggnakan logam berat merkuri (Hg). Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air di jelaskan bahwa ambang batas merkuri (Hg) sebesar 0,001 mg/L. Guna mencapai batas standar yang diharapkan maka penelitian yang dilakukan akan mengkait hubungan Hg terhadap pencemaran pada airtanah di sekitar daerah penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan medeskripsikan tingkat pencemaran logam berat mekuri (Hg) di airtanah akibat penambangan emas rakyat, melakukan analisis efektivitas teknik pengolahan airtanah tercemar logam berat merkuri (Hg) yang sesuai, dan menentukan arahan pengelolaan airtanah tercemar logam berat merkuri (Hg) akibat penambangan emas rakyat di Desa Cihonje, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pemetaan, analisis laboaratorium, wawancara, analisis deskriptif, dan metode indeks pencemar. Pengambilan sampling air limbah berdasarkan metode purposive sampling, untuk air permukaan diambil 2 titik sampel yaitu Air Sungai 1, Air Sungai 2, dan airtanah yang diambil sebanyak 3 titik sampel berdasarkan arah aliran airtanah. Setelah kadar pencemar diketahui, kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan metode adsorpsi dengan media adsorben karbon aktif dan zeolit untuk mengetahui tingkat efektifitasnya. Nilai efektifitas diperoleh dengan membandingkan sampel airtanah dengan sampel airtanah yang sudah dilakukan pengolahan. Percobaan dilakukan dengan skala laboratorium selama seminggu yang dilakukan 2 kali percobaan tiap hari. Pengujian Hg dilakukan pada hari petama, ke 3 dan ke 7. Hasil penelitian didapatkan bahwa kualitas sampel airtanah memiliki kandungan TSS sebesar 56 mg/L, nilai kekeruhan sebesar 2716,67 NTU dan merkuri sebesar 0,031 mg/L. Metode adsorpsi dengan karbon aktif memiliki nilai efektifitas untuk kandungan TSS, kekeruhan, dan merkuri berturut-turut sebesar 83,33%, 99,42%, dan 99,46%. Efektivitas adsorpsi dengan adsorben zeolit untuk kandungan TSS, kekeruhan, dan merkuri berturut-turut sebesar 83,33%, 99,42% ,dan 99,14%. Kata Kunci : Airtanah, Karbon aktif, Zeolit, Metode Adsorpsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:25
Last Modified: 03 Sep 2019 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item