PERSEPSI PENONTON CHANNEL “NUSSA OFFICIAL” DI YOUTUBE

Pamungkas, Yusuf Wicaksana (2019) PERSEPSI PENONTON CHANNEL “NUSSA OFFICIAL” DI YOUTUBE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.jpg]
Preview
Image
Pengesahan.jpg

Download (838kB) | Preview

Abstract

“Nussa Official” adalah salah satu nama channel di YouTube yang mengklaim /
membranding channel-nya sebagai channel yang memuat video-video edukasi
dengan kemasan entertainment. Video-video yang ada di channel tersebut
seharusnya dapat memberikan tambahan wawasan berupa edukasi bagi
penontonnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana
persepsi penonton channel YouTube “Nussa Official” yang mengklaim channel
tersebut sebagai channel edutainment (edukasi-enterteinment). Apakah benar
sesuai dengan branding mereka yang menyatakan sebagai channel yang dapat
mengedukasi dengan cara entertainment, karena selama ini feed back / tanggapan
yang diberikan oleh penonton yang melihat video-video yang ada di channel
“Nussa Official” hanya sebatas komen, dan juga penulisan berita pada sejumlah
media yang belum dapat memperjelas bahwa video-video yang ada di channel
“Nussa Official” dapat dikategorikan sebagai video yang mengedukasi. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan
narasumber penonton channel “Nussa Official” di YouTube. Teori yang digunakan
adalah konsep persepsi, teori Uses and Gratification, dan Konsep new media. Hasil
yang didapat dari penelitian ini adalah channel “Nussa Official” memang benar
memberikan manfaat bagi penontonnya, yaitu berupa tambahan wawasan, terutama
wawasan tentang ilmu agama. Tidak hanya bagi penonton yang men-subscribe-nya
saja, tetapi juga bagi orang disekitarnya, seperti adik dan keponakannya juga
mendapatkan manfaat setelah menonton video-video yang ada di channel “Nussa
Official”.
Kata kunci : persepsi, Nussa Official, YouTube

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:38
Last Modified: 28 Aug 2019 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item