EVALUASI TINGKAT KEBERHASILAN REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG DI PT. PIPIT MUTIARA JAYA KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG PROVINSI KALIMANTAN UTARA

NAHUWAY, GRACE MERLIN NATALIA (2019) EVALUASI TINGKAT KEBERHASILAN REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG DI PT. PIPIT MUTIARA JAYA KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of abstrac.pdf]
Preview
Text
abstrac.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of TESIS-FULL-GRACE.pdf] Text
TESIS-FULL-GRACE.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

INTISARI
Lokasi penambangan batubara PT. Pipit Mutiara Jaya secara admistrasi terletak di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Secara geografis lokasi penambangan berada pada koordinat 117°9' 0" - 117° 12' 13.70" BT dan 03° 36' 00.52" - 03° 33' 01.00" LU. Kegiatan penambangan secara langsung maupun tidak langsung akan membawa perubahan-perubahan lingkungan baik positif maupun negatif. Upaya pengendalian dampak negatif penambangan terhadap lingkungan hidup antara lain dengan melakukan reklamasi terhadap lahan bekas kegiatan penambangan. Namun perlu dilakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan reklamasi agar dapat diketahui apakah kegiatan reklamasi sudah dilakukan dengan baik atau belum.
Evaluasi pelaksanaan reklamasi yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penatagunaan lahan, pengendalian erosi dan sedimentasi, pelaksanan revegetasi dan penyelesaian akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode langsung dilapangan, dan metode tidak langsung. Dengan melakukan studi literatur baik dari perpustakaan ataupun arsip-arsip dan dokumen perusahaan.
Kegiataan penatagunaan lahan yang dilakukan PT. PMJ masih memerlukan perbaikan terutama bentuk timbunan dan penataan susunan lapisan material timbunan dilahan reklamasi agar tidak mengganggu dan mengurangi kesuburan tanah. Lokasi Pit 1 memiliki kemiringan tanah 0-5% tanpa adanya cover crop, permukaan tanah tidak rata, dan masih dijumpai butiran batubara. Agar lahan dapat lebih aman dan stabil perlu pembuatan rancangan teras datar dengan penanaman cover crop, pembuatan guludan, perataan permukaan tanah agar dapat mencegah terjadinya erosi. Untuk mengatasi air limpasan PT. PMJ membuat saluran drainase dengan bentuk trapesium dan dimensi saluran yang sesuai dengan kapasitas air limpasan. Kegiatan revegetasi dilakukan dengan penanaman jenis tanaman sengon.
Berdasarkan hasil evaluasi keberhasilan reklamasi dan penilaian keberhasilan reklamasi menerut Peraturan Menteri Kehutanan No. P. 60 Tahun 2009 didapatkan nilai Pit 1 adalah 70 dan Pit 2 adalah 62,5 dan Keputusan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Nomor 1827 K/ 30 / MEM / 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik didapatkan nilai Pit 1 adalah 67.82 dan Pit 2 adalah 61.1. Sehingga pelaksanaan reklamasi pada lahan bekas penambangan PT. Pipit Mutiara Jaya masuk pada kriteria sedang, yaitu hasil pelaksanaan reklamasi diterima dengan catatan perlu dilakukan perbaikan sampai mencapai >80.
Kata Kunci : Reklamasi, Revegetasi, Penatagunaan lahan, erosi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:50
Last Modified: 13 Apr 2022 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item