PENGEMBANGAN PRODUK BARU PUTRI 21 MENJADI UKM UNGGULAN (Studi Kasus pada UKM Putri 21 di Desa Ngawu Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta)

SA’IDAH, VICKY SALMA (2019) PENGEMBANGAN PRODUK BARU PUTRI 21 MENJADI UKM UNGGULAN (Studi Kasus pada UKM Putri 21 di Desa Ngawu Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Vicky Salma Sa'idah_135150026_Abstrak.pdf]
Preview
Text
Vicky Salma Sa'idah_135150026_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of Vicky Salma Sa'idah_135150026_Cover.pdf]
Preview
Text
Vicky Salma Sa'idah_135150026_Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of Vicky Salma Sa'idah_135150026_Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Vicky Salma Sa'idah_135150026_Daftar Isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Vicky Salma Sa'idah_135150026_Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Vicky Salma Sa'idah_135150026_Lembar Pengesahan.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Vicky Salma Sa'idah_135150026_Skripsi Full.pdf] Text
Vicky Salma Sa'idah_135150026_Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji proses pengembangan produk
baru yang dilakukan oleh UKM Putri 21 sehingga menjadi UKM unggulan dan
(2) Mengkaji peran stakeholder dalam proses pengembangan produk baru pada
UKM Putri 21 sehingga menjadi UKM unggulan. Metode penelitian yang
digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Informan berasal dari ketua UKM Putri 21
dan anggota lain dari UKM Putri 21, serta stakeholder yang berperan dalam
proses pengembangan produk di UKM Putri 21. Sumber data yang digunakan
primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik
analisis data yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses
pengembangan produk baru di UKM Putri 21 memiliki lima tahap, yaitu
Pencarian ide, Penyaringan ide, Pengembangan konsep, Pengembangan produk,
dan Komersialisasi. (2) Terdapat delapan stakeholder di UKM Putri 21 yaitu
BPTP Yogyakarta, Dinas Koperasi dan UKM Gunung Kidul, Dinas Pertanian
Gunung Kidul, Dinas Pertanian DIY, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY,
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunung Kidul, BPTBA LIPI, dan Deputi
Bidang Produksi dan Pemasaran.
Kata Kunci : Pengembangan Produk, UKM Unggulan, Stakeholder

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Eprints Lama > 4
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:22
Last Modified: 26 Aug 2019 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item