PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada mahasiswa akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta)

Maharani, Cynthia Astrid (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada mahasiswa akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, perilaku belajar, dan budaya akademik terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1626 Mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 130 mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional secara individual berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. kecerdasan emosional 0,000<0,05; (2) kepercayaan diri secara individual berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. kepercayaan diri 0,000<0,05; (3) perilaku belajar secara individual berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. perilaku belajar 0,040<0,05; (4) budaya akademik secara individual berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. budaya akademik 0,000<0,05; (5) kecerdasan emosional, kepercayaan diri, perilaku belajar, dan budaya akademik secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. F 0,000<0,05. (6) Pengaruh yang dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, perilaku belajar, dan budaya akademik terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam penelitian ini sebesar 93,2%, sedangkan 6,8% dijelaskan faktor selain dalam model tersebut seperti aktivitas belajar, kedisiplinan, dan kesungguhan dalam mengikuti perkuliahan di kampus. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Perilaku Belajar, Budaya Akademik, Tingkat Pemahaman Akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:23
Last Modified: 23 Aug 2019 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item