Maharani, Cynthia Astrid (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada mahasiswa akuntansi UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (369kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (609kB) | Preview |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional,
kepercayaan diri, perilaku belajar, dan budaya akademik terhadap tingkat pemahaman
akuntansi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 1626 Mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 130 mahasiswa Program
Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa:
(1) kecerdasan emosional secara individual berpengaruh terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. kecerdasan
emosional 0,000<0,05; (2) kepercayaan diri secara individual berpengaruh terhadap
Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig.
kepercayaan diri 0,000<0,05; (3) perilaku belajar secara individual berpengaruh
terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig.
perilaku belajar 0,040<0,05; (4) budaya akademik secara individual berpengaruh
terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig.
budaya akademik 0,000<0,05; (5) kecerdasan emosional, kepercayaan diri, perilaku
belajar, dan budaya akademik secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi pada tingkat signifikansi 0,05, dengan nilai sig. F 0,000<0,05.
(6) Pengaruh yang dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional, kepercayaan diri,
perilaku belajar, dan budaya akademik terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam
penelitian ini sebesar 93,2%, sedangkan 6,8% dijelaskan faktor selain dalam model
tersebut seperti aktivitas belajar, kedisiplinan, dan kesungguhan dalam mengikuti
perkuliahan di kampus.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Perilaku Belajar, Budaya
Akademik, Tingkat Pemahaman Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:23 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |