IDENTIFIKASI PERSEBARAN DAN CADANGAN ENDAPAN PASIR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER SCHLUMBERGER DI DAERAH SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH

GHIFARIHADI, MUHAMMAD (2019) IDENTIFIKASI PERSEBARAN DAN CADANGAN ENDAPAN PASIR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER SCHLUMBERGER DI DAERAH SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Pada daerah Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Sungai Krasak, terdapat kegiatan pernambangan pasir yang sudah dilakukakan bertahun – tahun. Sehingga sangat menarik mengkaji lebih dalam untuk mengidentifikasi persebaran dan cadangan endapan pasir pada daerah tersebut agar dapat digunakan untuk kepentingan infrastruktur. Metode yang digunakan yaitu geolistrik resistivitas, konfigurasi wenner schlumberger, dengan 6 lintasan inline dan 6 lintasan cross. Panjang lintasan pada lintasan inline 250 m dan pada lintasan cross panjang lintasan 110 m. Metode ini digunakan karena keunggulannya yang mampu untuk mendeteksi adanya sifat tidak homogen pada lapisan batuan dibawah permukaan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Software Res2dinv untuk penampang Resistivitas 2 dimensi, Corel Draw X7 untuk Pemodelan Geologi, 3 Dimensi dan Rockworks 14 untuk pemodelan 3 dimensi. Analisis dan interpretasi yang dihasilkan dari penampang 2 dimensi yaitu keberadaan endapan pasir g mempunyai nilai resistivitas dari 28,4 Ohm.m - <750 Ohm.m. Analisa pada pemodelan 3 dimensi yang menampakan persebaran endapan pasir terlihat dari utara menumpuk sampai arah mata angin barat laut hingga timur laut. Penampakan closure kecil terlihat pada arah selatan hingga tenggara. Nilai total cadangan yang diperoleh dari daerah penelitian didapatkan menggunakan rumus perhitungan (total potensi sumberdaya = volume x densitas). Endapan pasir yang terukur dengan software Rockworks sebesar 954.600 m dengan nilai dari acuan tabel densitas, nilai densitas pasir berkisar antara 1,7 gr/cm 3 , sampai 2,3 gr/cm 3 3 sehingga total potensi sumber daya pasir yaitu berkisar antara 1.622.820 ton sampai 2.195.580 ton. Kata kunci : Endapan Pasir, Resistivitas, Geolistrik, Wenner Schlumberger.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:38
Last Modified: 08 Aug 2019 06:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item