USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI KELELAHAN PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (Studi Kasus di CV Adinugraha Cipta Indonesia Sleman Yogyakarta)

SARI, APRILIA NATASHA DESTIANA (2019) USULAN PERBAIKAN UNTUK MENGURANGI KELELAHAN PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (Studi Kasus di CV Adinugraha Cipta Indonesia Sleman Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Tasha_Cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Tasha_Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Tasha_Daftar Isi, Tabel, Gambar.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

V Adinugraha Cipta Indonesia merupakan suatu perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk tas dengan berbagai jenis tas kulit untuk wanita. CV Adinugraha Cipta Indonesia berlokasi di Griya Mahkota D15, Jalan Godean KM 4, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini menerapkan sistem make to order dan make to stock dalam melakukan kegiatan produksinya. Tingginya kebutuhan masyarakat akan fashion mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkulitas. Perusahaan akan menghasilkan produk yang berkualitas apabila sistem kerja yang ada pada perusahaan berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis resiko kelelahan pada pekerja bagian produksi di CV Adinugraha Cipta Indonesia dengan mengetahui pengaruh dari setiap komponen sistem kerja terhadap kelelahan kerja para pekerja. Tools yang digunakan dalam pengidentifikasian dan penilaian terhadap pengaruh sistem kerja yaitu Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS) dengan analisis jalur. Setelah dilakukan pengidentifikasian dan penilaian, maka selanjutnya diberikan usulan perbaikan untuk mengurangi resiko kelelahan kerja. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh komponen sistem kerja terhadap kelelahan kerja di CV Adinugraha Cipta Indonesia yaitu faktor organisasi sebesar 0,55%; faktor teknologi sebesar 4,62%; faktor personal sebesar 0,26%; dan lingkungan sebesar 30,14%. Maka komponen sistem kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kenyamanan kerja adalah lingkungan, yang berarti lingkungan yang paling menentukan lelah atau tidaknya pekerja. Adapun perbaikan sistem kerja yang dapat diusulkan terkait dengan lingkungan diantaranya: perlu adanya penataan ulang terhadap tata letak fasilitas di bagian produksi agar alur perindahan material lebih teratur dan bila perlu dilakukan penambahan alat pendingin seperti kipas angin agar pekerja lebih nyaman dalam bekerja. Kata kunci: Sistem kerja, Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS), Kelelahan Kerja, Ergonomi Makro

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:40
Last Modified: 06 Aug 2019 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20659

Actions (login required)

View Item View Item