ANALISIS PROBABILISTIK KESTABILAN TEROWONGAN BEKAS TAMBANG BIJIH MANGAN KALILINGSENG KULON PROGO MENGGUNAKAN POINT ESTIMATE METHODS UNTUK KEPERLUAN GEOWISATA

HERMAWAN, LUKI AGUNG DWI (2019) ANALISIS PROBABILISTIK KESTABILAN TEROWONGAN BEKAS TAMBANG BIJIH MANGAN KALILINGSENG KULON PROGO MENGGUNAKAN POINT ESTIMATE METHODS UNTUK KEPERLUAN GEOWISATA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pada terowongan bekas penambangan bijih mangan Kalilingseng direncanakan menjadi lokasi geowisata oleh Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Geologi Nomor 1157.K/40/BGL/2014 tentang Penentuan Kawasan Cagar Alam Geologi DIY. Untuk menjadikan lokasi tersebut menjadi suatu objek geowisata, diperlukan penelitian untuk mengetahui keamanan dari lubang bukaan tersebut. Masalah yang sering kali ditemui dalam terowongan adalah masalah mengenai kestabilan lubang bukaan bawah tanah. Potensi ketidakstabilan lubang bukaan bawah tanah ini menjadi potensi bahaya bagi siapapun yang berada di sekitar lokasi terowongan. Pada penelitian ini dilakukan analisis pada 5 titik di terowongan Kalilingseng. Dari 5 lokasi penelitian dilakukan analisis adanya perubahan nilai modulus Young, yaitu pada nilai modulus Young asli, penurunan 75% dan penurunan 50% terhadap nilai total perpindahan dan strength factor pada masing-masing terowongan. Tidak hanya perubahan pada modulus Young saja, akan tetapi juga memperhitungan ada atau tidaknya faktor kegempaan yang akan mempengaruhi nilai total perpindahan dan strength factor-nya. Selain itu dilakukan juga analisis probabilistik menggunakan Point Estimate Method (PEM). Analisis probabilistik yang digunakan dalam penelitian ini untuk mencari tahu pengaruh perbedaan antara penggunaan probabilistik dan deterministik. Berdasarkan penelitian didapatkan nilai strength factor lebih dari 2 sehingga lubang bukaan tersebut dapat berdiri dengan aman tanpa adanya bantuan penyangga sehingga dikatakan aman untuk lokasi geowisata. Kata kunci : Terowongan, Geowisata, Probabilistik, Point Estimate Method (PEM)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:06
Last Modified: 22 Jul 2019 07:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item View Item