PENERAPAN KEBIJAKAN APPROVED DESTINATION STATUS (ADS) OLEH PEMERINTAH TIONGKOK DIBAWAH PEMERINTAHAN XI JINPING TAHUN 2013-2018

SAPUTRA, IRVAN (2019) PENERAPAN KEBIJAKAN APPROVED DESTINATION STATUS (ADS) OLEH PEMERINTAH TIONGKOK DIBAWAH PEMERINTAHAN XI JINPING TAHUN 2013-2018. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESEHAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Pariwisata oleh pemerintah Tiongkok akhir-akhir ini dianggap sebagai sektor yang cukup penting sejak adanya Kebijakan Keterbukaan. Merespon perkembangan pariwisata tersebut, pemerintahan Tiongkok era Deng Xiaoping mengeluarkan sebuah kebijakan bernama Approved Destination Status (ADS) sebagai alat peraihan ekonomi. Era Xi Jinping sendiri kebijakan ADS ini dianggap sebagai keuntungan bagi pengembangan soft-power Tiongkok. Penelitian ini menggunakan Konsep Diplomasi Ekonomi dalam proses analisanya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik analisi data deskriptif-eksplanatif dan teknik pengumpulan data studi pustaka. Penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa telah terjadi pergesaran tujuan penggunaan kebijakan ADS dari sebagai alat peraihan ekonomi menjadi alat peraihan ekonomi dan politik. Tindakan Xi Jinping memberikan atau mencabut status ADS merupakan cara dalam peraihan kepentingan nasionalnya. Dalam memaksimalkan pengejewantahan kebijakan ini, secara internal pemerintah Tiongkok juga melakukan berbagai usaha kerjasama lintas sektor dan multidepartemen didalam negeri. Penerapan kebijakan ini dapat dikatakan cukup efektif melihat berbagai respon positif negara terdampak. Meskipun dalam beberapa kasus, kebijakan ini juga mengalami kegagalan terkait dengan adanya beberapa hambatan. Pariwisata oleh Tiongkok tidak lagi dipandang sebagai sektor underdog¸ namun sebagai senjata pariwisata atau weaponized tourism yang ampuh dalam meraih kepentingan nasionalnya. Kata kunci: Kebijakan ADS, Pariwisata Tiongkok, Economic Statecfraft, Diplomasi Komersial, Weaponized Tourism

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:17
Last Modified: 15 Jul 2019 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20361

Actions (login required)

View Item View Item