PENGARUH STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Santosa, Arga Dwi (2019) PENGARUH STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Pengungkapan corporate social responsibility merupakan proses dimana perusahaan mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan dan pengaruhnya terhadap kondisi sosial dan lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris apakah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Pengukuran tanggung jawab sosial perusahaan didasarkan pada indeks pengungkapan Global Reporting Initiative (GRI) 2013 yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Pengambilan sampel penelitian dengan purposive sampling dan diperoleh 13 perusahaan dengan 5 tahun pengamatan. Sehingga total sampel yang diteliti adalah 65. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan pengujian asumsi klasik kemudian dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Sedangkan, kepemilikan manajerial, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Kata kunci: Corporate social responsibility (CSR), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:39
Last Modified: 12 Jul 2019 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item