Strategi Media Relations Humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam Mempertahankan Corporate Image Melalui Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)

Anwiska, Sarah (2019) Strategi Media Relations Humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam Mempertahankan Corporate Image Melalui Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam mempertahankan suatu corporate image, diperlukan strategi media relations yang tepat. Kementerian Keuangan Republik Indonesia terdiri dari Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. Sekretariat Jenderal memiliki Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (Biro KLI). Biro KLI inilah yang menyusun dan menjalankan fungsi kehumasan, termasuk salah satunya yaitu strategi media relations. Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi media relations dan hambatan humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam mempertahankan corporate image melalui sosialisasi program pembiayaan ultra mikro (UMi). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perencanaan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi media relations humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam membangun corporate image dilakukan melalui kegiatan press tour. Kegiatan press tour yang dilakukan oleh humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini bertujuan untuk mendukung sosialisasi program UMi. Hambatan humas Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam mempertahankan corporate image melalui sosialisasi program pembiayaan ultra mikro (UMi) yaitu deadline yang sangat singkat untuk pemilihan media dalam press tour, lalu keterbatasan akses informasi di beberapa daerah tertentu sehingga masih butuh proses untuk mensosialisasikan UMi, lalu tingkat pendidikan serta latar belakang budaya yang beragam dari masyarakat yang sebenarnya mampu dan berpotensi menjadi calon debitur. Pembentukan corporate image Kementerian Keuangan didasarkan pada jargon PRIME (Profesional, responsive, innovative, modern, enthusiastic). Hal ini dikarenakan biro KLI adalah penggerak utama unit eselon I di Kementerian Keuangan, Sekretariat Jenderal terus berusaha untuk menjadi prime mover yang mendukung segala tugas dan fungsi seluruh organisasi di lingkungan kementerian keuangan. Kata Kunci: Strategi media relations, press tour, corporate image

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:59
Last Modified: 11 Jul 2019 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20268

Actions (login required)

View Item View Item