PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IKLAN YOUTUBE PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

JATI, RAHAYU SEKAR (2019) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IKLAN YOUTUBE PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Pada pemilihan legislatif tahun 2019 ada salah satu parpol baru yang bersaing
di dalamnya, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI berusaha membangun
citra baiknya melalui komunikasi politik, salah satunya melalui iklan parpol di
YouTube. Target sasaran dari komunikasi politik PSI adalah pemuda. Masalahnya
pada golongan pemuda terutama mahasiswa, sudah ada persepsi negatif terhadap
iklan maupun kinerja parpol. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana persepsi mahasiswa terhadap iklan YouTube PSI. Penelitian ini
menggunakan teori Khalayak Kepala Batu (Obstinate Audience). Jenis penelitian
yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus
yang dilakukan pada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta, angkatan 2018, 2017, 2016, 2015, 2014, dan 2013. Hasil
penelitian menunjukan bahwa ada persepsi positif dari mahasiswa terhadap iklan
YouTube PSI. Mahasiswa menilai bahwa secara keseluruhan, konsep iklan
dianggap unik, segar, dan berbeda disbanding iklan-iklan parpol sebelumnya.
Audio dan visual iklan dianggap sederhana namun berhasil menyampaikan isi
pesaniklan. Adapun nilai-nilai dalam pesan iklan yang mereka lihat seperti nilai
keberagaman, solidaritas, dan kesamaan. Namun di sini mahasiswa mengaku
belum bersedia memberikan suaranya untuk PSI. Hal tersebut disebabkan karena
adanya pengaruh dari iklan PSI versi Grace Natalie, kinerja PSI yang masih belum
terlihat, dan status PSI sebagai partai baru.
Kata Kunci: persepsi, mahasiswa, iklan YouTube parpol, partai solidaritas
Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:42
Last Modified: 24 Aug 2023 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20239

Actions (login required)

View Item View Item