KOMUNIKASI TERAPEUTIK KIYAI DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAF MIFTAHUL HUDA PERON LIMBANGAN KENDAL

Mawahib, M. Syukron (2019) KOMUNIKASI TERAPEUTIK KIYAI DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAF MIFTAHUL HUDA PERON LIMBANGAN KENDAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of HAL. PENGESAHAAN.pdf]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Problematika komunikasi kiyai terhadap santri yang melakukan pelanggaran tata tertib dan masuk dalam kategori penyimpangan perilaku santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Peron Limbangan Kendal menjadi salah satu alasan Penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Terapeutik yang diterapkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Salaf Miftahul Huda terhadap beberapa Santri yang melakukan penyimpangan perilaku santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Analisis Transaksional yang menekankan pada hubungan interaksional dengan pendekatan terapi psikologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interpretasi. Ada beberapa informan dalam penelitian ini yaitu Pengasuh Pondok Pesantren Salaf Miftahul Huda sebagai informan kunci, Santri yang melakukan penyimpangan perilaku juga sebagai informan kunci, dan beberapa ustadz sebagai informan tambahan. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa komunikasi yang dilakukan Kiyai terhadap santri yang melakukan penyimpangan perilaku melalui beberapa tahapan, yaitu Tahapan Pra Interaksi (Pendekatan), Tahapan Interaksi, Tahapan Identifikasi Masalah, Tahapan Penyelesaian Masalah, dan Tahapan Monitoring. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Proses komunikasi yang terjadi antara Kyai dengan santri yang melakukan Penyimpangan Perilaku Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda adalah sangat sesuai dengan tahapan Komunikasi Terapeutik yang dilakukan dalam dunia keperawatan sesuai menurut Stuart dan Sundeen. Hasil penelitian juga menunjukkan tentang pentingnya Komunikasi Terapeutik di dalam Dunia Pesantren Salaf.
Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Pondok Pesantren, Penyimpangan Perilaku.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Pondok Pesantren, Penyimpangan Perilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:30
Last Modified: 11 Jan 2024 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20205

Actions (login required)

View Item View Item