ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DAN USULAN LAYOUT PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI UPN ”VETERAN” YOGYAKARTA (Studi Kasus di Fakultas Teknik Industri, kampus II Babarsari)

Al Ma’ruf, Ghulam Amar (2019) ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DAN USULAN LAYOUT PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI UPN ”VETERAN” YOGYAKARTA (Studi Kasus di Fakultas Teknik Industri, kampus II Babarsari). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3_COVER.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu universitas ternama di Yogyakarta. UPN “Veteran” Yogyakarta terdiri dari dua kampus yaitu kampus I yang terletak di Condong Catur, dan kampus II terletak di Babarsari. Kampus I terdiri dari tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pertanian. Kampus II terdiri dari dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Teknik Industri. Pengguna parkir UPN “Veteran” Yogyakarta khususnya Fakultas Teknik Industri di kampus II Babarsari masih memakirkan kendaraannya disembarang tempat. Petugas parkir yang hanya ada satu tidak mampu untuk mengarahkan semua pengguna parkir dalam memarkirkan kendaraannya, sehingga tata letak parkir menjadi tidak beraturan. Hal tersebut mengakibatkan akses keluar masuk kendaraan lainnya menjadi terhambat dan menyebabkan tempat parkir kampus terlihat padat. Metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan ini adalah metode perancangan layout yang terdiri dari analisa kebutuhan parkir, Satuan Ruang Parkir dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat 1996, Activity Relationship Chart, dan algoritma CORELAP. Data yang didapatkan diolah untuk mengetahui kebutuhan parkir, kemudian mengetahui penataan lahan parkir, dan memberikan hasil akhir berupa layout usulan. Hasil perhitungan mengguunakan metode SRP didapatkan ruang parkir mobil yang dibutuhkan sebanyak 26 SRP, sedangkan untuk motor sebanyak 653 SRP. Berdasarkan hasil layout parkir usulan di Fakultas Teknik Industri kampus II Babarsari, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta diketahui, Parkir motor A memiliki 185 SRP. Parkir motor B memiliki 262 SRP. Parkir motor C memiliki 117 SRP. Parkir motor D memiliki 63 SRP. Parkir mobil memiliki 30 SRP Kata kunci: Analisis kebutuhan parkir, CORELAP, Layout

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:57
Last Modified: 08 Jul 2019 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item