PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017)

ANGGRAINI, LISA (2019) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2017 dengan jumlah 18 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel perusahaan sebanyak 7 perusahaan. teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan SEM-PLS dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Pertumbuhan perusahaan (Growth) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Struktur modal (DER) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas (ROE). Pertumbuhan perusahaan (Growth) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROE). Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Profitabilitas (ROE) mampu memediasi pengaruh struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) dan Profitabilitas (ROE) tidak mampu memediasi pengaruh pertumbuhan perusahaan (Growth) terhadap nilai perusahaan (PBV). Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: struktur modal berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, serta profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas mampu memediasi struktur modal terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas tidak mampu memediasi pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Saran dari penelitian ini bagi investor untuk lebih memperhatikan struktur modal perusahaan yang dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas yang didapatkan dan juga dapat mempengaruhi nilai perusahaan, bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan penggunaan dana hutang pada struktur modal agar tidak mempengaruhi nilai perusahaan serta dapat memanfaatkan total aktiva untuk mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga dapat memberikan nilai perusahaan yang bagus. Kata kunci : Struktur modal, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:47
Last Modified: 04 Jul 2019 04:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20127

Actions (login required)

View Item View Item