STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN MESIN TENUN PADA HOME INDUSTRY INDAH KLASIK (Studi Kasus di Home industry Indah Klasik)

Pratama, Ricky Rizki (2019) STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN MESIN TENUN PADA HOME INDUSTRY INDAH KLASIK (Studi Kasus di Home industry Indah Klasik). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER TA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Home industry Indah Klasik yang terletak di Ceper, Kabupaten Klaten adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil. Perusahaan ini baru berdiri pada bulan Agustus tahun 2017 dengan sumber modal yang didapatkan dari pinjaman bank. Produk yang dihasilkan adalah kain lurik batik polos dan lurik motif yang merupakan bahan baku pembuatan pakaian dan sarung lurik, home indsutry indah klasik berencana menambah kapasitas produksinya dengan cara menambah mesin tenun yang sudah ada.. rencana tersebut perlu dilakukan sebuah studi kelayakan investasi mengenai penambahan mesin tenun untuk mengetahui tingkat kelayakan dalam jangka waktu 5 periode (2019-2023. Penelitian ini dilakukan agar perusahaan tidak mengalami kerugian yang mungkin terjadi atas rencana investasi tersebut. Studi kelayakan investasi ini akan dilakukan dengan penambahan mesin tenun yang didasaran pada aspek pasar, aspek teknis, aspek finansial, aspek manajemen dan aspek lingkungan serta analisis sensitivitas untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat bertahan jika terjadi kenaikan biaya produksi dan penurunan jumlah permintaan. Berdasarkan analisis hasil yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kelayakan pada setiap aspek bahwa pada aspek pasar dikatakan layak karena permintaan terus mengalami kenaikan tiap periodenya, pada aspek teknis dikatakan layak karena penambahan 8 unit mesin tenun sudah dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat, pada finansial dikatakan layak berdasarkan NPV, IRR dan PP lebih menguntungkan dan memenuhi syarat untuk dikatakan layak, pada aspek Manajemen dikatakan layak berdasarkan tenaga kerja yang sudah mencukupi untuk seluruh kegiatan produksi dan pada aspek Lingkungan dikatakan layak karena telah melakukan 3 tahap untuk mengelola limbah. Perbandingan antara investasi dan melakukan lembur didapat nilai NPV pada saat melakukan lembur lebih kecil dibandingkan investasi, pada nilai IRR pada saat melakukan lembur lebih kecil dibandingkan melakukan investasi dan untuk Payback periode pada saat melakukan lembur lebih lama dibandingkan dengan melakukan investasi maka dapat disimpulkan investasi mesin lebih menguntungkan dibandingkan melakukan lembur. Kata kunci: studi kelayakan investasi, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:18
Last Modified: 04 Jul 2019 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20124

Actions (login required)

View Item View Item