ANALISIS KESEIMBANGAN ALIRAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS (TOC) (Studi kasus di PT Mataram Tunggal Garment, Yogyakarta)

Putra, Tegal Awan (2019) ANALISIS KESEIMBANGAN ALIRAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS (TOC) (Studi kasus di PT Mataram Tunggal Garment, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Pada akhir periode pengiriman produk jadi seringkali terjadi keterlambatan pemenuhan pesanan yang menyebabkan PT Mataram Tunggal Garment perlu mengirimkan produknya menggunakan pesawat, pengiriman menggunakan pesawat memerlukan biaya yang 10 kali lebih tinggi dibanding pengiriman menggunakan kapal. Maka diperlukannya analisis mendalam pada aliran produksi untuk mengetahui penyebab terjadinya keterlambatan pemenuhan pesanan tersebut. Langkah-langkah pendekatan theory of constraint (TOC) merupakan salah satu pendekatan yang sesuai untuk mengidentifikasi permasalahan beserta penentuan solusi yang tepat bagi aliran produksi. Setelah dilakukan pendekatan TOC diketahui bahwa kendala pada aliran produksi terdapat pada metode pembagian line yang masih belum maksimal. Solusi yang diterapkan ialah pembuatan algoritma pembagian line yang maksimal. Setelah dilakukan pembagian line menggunakan algoritma tersebut didapat hasil produk kemeja wanita menggunakan 2 line dengan waktu penyelesaian 8.132 hari, produk celana (short) menggunakan 2 line dengan waktu penyelesaian 8.143 hari, produk gaun wanita menggunakan 2 line dengan waktu penyelesaian 7.977 hari, produk rok menggunakan 1 line dengan waktu penyelesaian 12.171 hari, produk vest menggunakan 2 line dengan waktu penyelesaian 12.735 hari, dan produk celana (Toyota) menggunakan 2 line dengan waktu penyelesaian 6.485 hari. 0 2

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:21
Last Modified: 11 Aug 2023 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20091

Actions (login required)

View Item View Item