EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PT PLN (PERSERO) (Studi Interpretif Kualitatif Pada Sub-Bidang Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I Tahun 2018)

WIDIASARI, ANDINI (2019) EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PT PLN (PERSERO) (Studi Interpretif Kualitatif Pada Sub-Bidang Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I Tahun 2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini dinilai sangat penting karena mampu berperan sebagai early warning system. Pelaksanaan CSR di salah satu perusahaan seperti PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT I) dilakukan dengan bersungguh-sungguh kepada masyarakat terdampak proyek. Hal ini bisa dibuktikan dengan biaya yang dikeluarkan untuk program CSR berupa bantuan infrastruktur sebesar Rp49 Miliar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi CSR dalam meningkatkan citra positif, mengetahui sistem pembagian kerja, dan cara sub-bidang komunikasi selaku penanggungjawab CSR di PLN UIP JBT I memposisikan diri sebagai Public Relations. Metode yang digunakan ialah kualitatif interpretif dengan menggunakan teori Corporate Social Performance, dan Model CIPP untuk diaplikasikan dalam mengevaluasi program CSR PLN UIP JBT I selama tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR PLN UIP JBT I tahun 2018 hanya memenuhi indikator priority. Hal ini yang kemudian menjadi evaluasi tahun selanjutnya agar melaksanakan program yang menggunakan prinsip sustainable dan empowering. Terdapat beberapa hasil evaluasi terkait program CSR seperti keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kemudian menyebabkan keterlibatan pihak eksternal dalam membantu riset program, keterbatasan SDM ahli pada masyarakat, kurangnya koordinasi di internal perusahaan, dan juga adanya program yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Meskipun hasil evaluasi program menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam melaksanakan program, akan tetapi program CSR PLN UIP JBT I khususnya tahun 2018 dinilai berhasil untuk meningkatkan citra positif perusahaan. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Evaluasi Program, Citra Positif, PLN UIP JBT I

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:28
Last Modified: 02 Jul 2019 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20076

Actions (login required)

View Item View Item