ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – SIX SIGMA (Studi kasus di Serae Coffee & Kitchen Yogyakarta)

Mahisa, Mohammed Abhre Agni (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – SIX SIGMA (Studi kasus di Serae Coffee & Kitchen Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrack inggris pdf.pdf]
Preview
Text
abstrack inggris pdf.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of Abstrack pdf.pdf]
Preview
Text
Abstrack pdf.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of COVER DRAFT DAN COVER DALAM pdf.pdf]
Preview
Text
COVER DRAFT DAN COVER DALAM pdf.pdf

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi pdf.pdf]
Preview
Text
daftar isi pdf.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Peningkatan kualitas dan kepuasan pelanggan merupakan salah satu cara perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Serae coffee & kitchen salah satu penyelenggara pelayanan jasa dibidang food and beverage. Kendala yang dihadapi adalah ketatnya persaingan dan adanya keluhan tentang pelayanan yang kurang baik, kondisi tempat yang terlihat kurang bersih, dan rasa dari produk yang tidak konsisten.
Penelitian ini menggunakan metode serqual untuk menyusun atribut kuesioner dan memperoleh gap score yang dapat mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dalam peningkatan kualitas pelayanan dibantu dengan metode six sigma dengan model DMAIC yang digunakan untuk meningkatkan proses bisnis yang telah ada.
Hasil analisis tingkat kepuasan pelanggan ditemukan keluhan yang terjadi pada proses pelayanan karena ditemukan nilai rata-rata DPMO 301.416,67 dan tingkat sigma 1,80. Dimana tingkat sigma yang telah dicapai masih jauh dari target yaitu tingkat sigma 6 dan DPMO 3,4. Usulan perbaikan kualitas pelayanan serae coffee & kitchen adalah mengadakan evaluasi dan refresh materi pelayanan yang diberikan, pelayan melakukan pengecekan berkala disetiap shift, supervisor melakukan pengawasan berkala disetiap shift dan pihak manajemen perlu mengadakan general cleaning dan general meeting disetiap bulannya.
Kata kunci : Servqual, six sigma model DMAIC, kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Servqual, six sigma model DMAIC, kepuasan pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:38
Last Modified: 17 Jan 2024 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20066

Actions (login required)

View Item View Item