KAJIAN TEKNIS OPTIMALISASI PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT. TRISULA KENCANA SAKTI, KABUPATEN BARITO TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

FADHILA, IVAN (2019) KAJIAN TEKNIS OPTIMALISASI PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT. TRISULA KENCANA SAKTI, KABUPATEN BARITO TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

PT. Trisula Kencana Sakti merupakan salah satu perusahaan tambang yang bergerak pada bidang penambangan batubara, yang lokasi penambangannya terletak di Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. PT. Trisula Kencana Sakti saat ini menetapkan target produksi pengupasan tanah penutup pada bulan September sebesar 110.000 BCM/bulan. Sedangkan produksi aktual saat ini hanya sebesar 103.680,8 BCM/bulan untuk alat muat dan 87.806,49 BCM/bulan untuk alat angkut. Tujuan dari penulisan ini adalah ingin mengoptimalkan produksi alat yang belum dapat mencapai target produksi pengupasan lapisan penutup. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya waktu kerja efektif dari akibat hambatan-hambatan yang ada dan kurangnya alat yang bekerja di lapangan sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Dapat kita lihat sendiri dari data hasil penelitian diketahui efisiensi alat muat hanya 57,5% dan untuk alat angkut hanya 61,52%. Dengan melakukan studi pustaka serta observasi dilapangan secara langsung, kemudian melakukan analisis dari keduanya. Diharapkan metode penelitian ini dapat menemukan solusi dari masalah belum tercapainya target pengupasan tanah penutup. Agar target produksi tercapai, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatan waktu kerja efektif sehingga efisiensi kerja alat akan meningkat dan dengan penambahan jumlah alat yang kurang. Setelah adanya peningkatan waktu kerja efektif maka efisiensi alat muat dari 57,5% menjadi 62,12% dan alat angkut dari 61,52% menjadi 65,52%. Dengan adanya peningkatan efisiensi maka produksipun meningkat menjadi 112.783,37 BCM/bulan untuk alat muat, dan 116.928 BCM/bulan untuk alat angkut setelah penambahan 2 unit alat. Dengan rekomendasi perbaikan tersebut, target produksi pengupasan tanah sebesar 110.000 BCM/bulan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:47
Last Modified: 01 Jul 2019 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item