PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU YANG OPTIMAL UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA PERSEDIAAN DENGAN MODEL PROBABILISTIK P (Studi Kasus di Perusahaan Non Core Bussiness XYZ, Cikarang, Jawa Barat)

DEFIKA, DAZZLE SIXYRIES (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU YANG OPTIMAL UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA PERSEDIAAN DENGAN MODEL PROBABILISTIK P (Studi Kasus di Perusahaan Non Core Bussiness XYZ, Cikarang, Jawa Barat). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang memiliki jenis usaha penunjang (non core business) dalam bidang minyak, gas dan panas bumi.Usaha penunjang di PT XYZ meliputi jasa kontruksi migas maupun jasa non kontruksi migas. Pada jasa kontruksi migas menghasilkan barang atau peralatan yang digunakan untuk penunjang langsung contohnya memproduksi beberapa unit wireline. Pembuatan unit wireline dari segi penggunaan wireline dibagi menjadi 2 bagian yaitu Logging Truck (mobile wireline) dan Skidding Unit (container wireline dan model slickline unit). Selama ini persediaan bahan baku PT XYZ dipesan secara impor. Pembelian bahan baku dipesan dengan jumlah yang banyak untuk kebutuhan membuat wireline logging truck. Pada wireline logging truck terbagi atas 2 produk yang akan dirakit dan dijual yaitu box alat ukur dan box kabel . Bahan baku yang digunakan untuk membuat box alat ukur yaitu besi holo 30 x30 x1,1mm dan untuk membuat box kabel bahan bakunya adalah plat besi 2 mm 2,4 x 4m. Ukuran untuk membuat satu produk box alat ukur 0,9 m x 5 dan satu lembar plat besi dapat dijadikan 2 produk box kabel. Permasalahan yang timbul pada perusahaan ini yaitu perusahaan belum mengetahui kuantitas inventori yang optimal untuk memesan bahan baku sehingga tidak jarang terjadi melakukan pengadaan bahan baku dengan jumlah yang terlalu banyak sehingga total biaya pengeluaran persediaan cukup tinggi dan perusahaan belum mengetahui kapan waktu pemesanan bahan baku yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya persediaan per tahun yang dikeluarkan dengan menerapkan kebijakan menggunakan model probabilistik P lebih kecil dibandingkan kebijakan kondisi aktual perusahaan saat ini, dengan penghematan untuk membuat unit wireline logging truck yaitu sebesar Rp 108.524.441,00/tahun. Perencanaan kebijakan pengendalian persediaan tahun 2019 dengan metode P probabilistik diketahui waktu antar pemesanan optimal 9 bulan lebih 18 hari dengan inventory optimal sebesar 1750 unit besi holo dan yaitu 10 bulan lebih 21 hari dengan inventory optimal 2711 unit besi plat besi. Kata kunci :Persediaan maksimum, waktu pemesanan, probabilistik P, Total Biaya Persediaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jun 2019 01:43
Last Modified: 28 Jun 2019 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item