PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Super Indo Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta)

RAKASIWI, BRILLY JULIANANDA (2019) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Super Indo Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DARTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DARTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Brilly Juliananda Rakasiwi, Nomor Mahasiswa 152150084, Jurusan
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, judul penelitian “Pengaruh Store
Atmosphere dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying dengan Positive
Emotion sebagai variabel intervening” (Studi pada Pelanggan Super Indo Jalan
HOS Cokroaminoto Yogyakarta) 2019. Dosen Pembimbing I Sigit Haryono dan
Dosen Pembimbing II Adi Soeprapto.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Store Atmosphere dan
Sales Promotion terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai
variabel intervening pada Pelanggan Super Indo Jalan HOS Cokroaminoto
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Super
Indo. Ukuran sampel pada penelitian ini 69 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah probalility sampling dengan systematic random sampling untuk
populasi tidak terbatas. Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik
inferensial menggunakan metode statistik partial least square (PLS-SEM).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Store Atmosphere berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Positive Emotion, Sales Promotion berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Positive Emotion, Store Atmosphere berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, Sales Promotion berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, Positive Emotion berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, Store Atmosphere berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion, Sales
Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying melalui
Positive Emotion.
Berdasarkan hasil penelitian, Super Indo disarankan untuk memperhatikan
Store Atmosphere di toko guna meningkatkan Positive Emotion yang mendorong
pelanggan untuk melakukan Impulse Buying. Cara yang dilakukan adalah dengan
mempertahankan tata cahaya dalam ruangan di Super Indo Jalan HOS
Cokroaminoto Yogyakarta. Super Indo Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta
juga harus memperhatikan bentuk pintu masuk dengan cara meningkatkan
ketertarikan pelanggan terhadap bentuk pintu masuk dengan membuat hiasanhiasan
di pintu masuk sehingga mendorong Positive Emotion pelanggan untuk
melakukan Impulse Buying. Super Indo Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta
harus memperhatikan Sales Promotion yang dilakukan untuk dapat meningkatkan
Positive Emotion yang mendorong pelanggan untuk melakukan Impulse Buying.
Cara yang dilakukan adalah dengan mempertahankan pemberian super promo
kepada pelanggan. Super Indo Jalan HOS Cokraminoto Yogyakarta juga harus
memperhatikan pemberian harga promo dengan cara menempatkan produk promo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:20
Last Modified: 11 Aug 2023 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19940

Actions (login required)

View Item View Item