PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Telekomunikasi yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2017)

MURWANTI, RATNA RATRI DWI (2019) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Telekomunikasi yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap return saham dengan nilai perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar BEI. Populasi penelitian adalah laporan keuangan perusahaan jasa sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2017 yaitu sejumlah 5 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 3 perusahaan sebagai sampel penelitian. Data penelitian menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari web resmi perusahaan dan web idn.financial.co.id. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan path analysis dengan bantuan aplikasi SPSS 20 dan pengujian pengaruh mediasi menggunakan Sobel test secara online. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara likuiditas (Current Ratio) terhadap Return saham. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara leverage (Debt to Equity Ratio) terhadap return saham. Ada pengaruh positif dan signifikan antara profitabilitas (Return On Assets) terhadap return saham. Ada pengaruh positif dan signifikan antara likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara leverage (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV). Ada pengaruh positif dan signifikan antara profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV).Pengujian pengaruh tak langsung menunjukkan nilai perusahaan (PBV) mampu memediasi pengaruh antara likuiditas (CR) terhadap return saham. Nilai perusahaan (PBV) tidak mampu memediasi pengaruh antara profitabilitas (ROA) terhadap return saham. Nilai perusahaan (PBV) tidak mampu memediasi pengaruh antara Leverage (DER) terhadap return saham. Pengelolaan aktiva dan hutang yang baik juga, ditunjukkan dengan likuiditas (Current Ratio) tinggi, leverage (Debt to Equity Ratio) rendah dan profitabilitas (Return On Assets) yang tinggi akan meningkatkan minat investor untuk membeli saham perusahaan. Peningkatan permintaan saham menjadikan harga saham di pasar yang juga akan mengalami peningkatan. Harga saham yang tinggi akan meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang mengalami peningkatan akan berdampak pada meningkatnya return bagi pemegang saham. Akan tetapi dalam penelitian ini nilai perusahaan tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh antara likuiditas, leverage danprofitabilitas terhadap return saham. Kata Kunci: Return Saham, Nilai Perusahaan, Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Price Book Value

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:01
Last Modified: 24 Jun 2019 02:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item