Widodo, Vinsensius Ari (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CV. SAHABAT TERNAK SLEMAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK OLAHAN SUSU KAMBING SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER PROTEIN HEWANI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (344kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
CV. Sahabat Ternak merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
peternakan dan pengolahan susu kambing PE (Peranakan Etawa). Produk-produk
olahan susu kambing yang dihasilkan oleh CV. Sahabat Ternak berupa susu
bubuk beraneka rasa, yogurt, kerupuk susu kambing, dan juga permen susu
kambing beraneka rasa. Citra dari produk olahan susu kambing dianggap masih
dianggap oleh masyarakat bahwa susu kambing memiliki aroma yang kurang
sedap, sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi susu kambing masih
rendah. Dari masalah tersebut, maka adanya kegiatan strategi komunikasi
pemasaran yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan guna meningkatkan
jumlah penjualan produk olahan susu kambing serta membangun daya saing
produk dengan produk lainnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi
komunikasi pemasaran CV. Sahabat Ternak dalam meningkatkan penjualan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisa data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verikasi
kesimpulan. Uji keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Hasil penelitian
diperoleh dari sumber primer dan sumber sekunder. CV. Sahabat Ternak telah
melaksanakan kegiatan strategi komunikasi pemasaran yaitu Mass Selling
(Periklanan dan Pemasaran Langsung), Promosi Penjualan, Personal Selling
(Penjualan Personal), dan Public Ralations. Namun seluruh kegiatan komunikasi
pemasaran belum dapat dikatakan optimal karena pemanfaatan dan penggunaan
periklanan pada media online belum maksimal. Penjualan personal khususnya
bagian tenaga penjualan belum memadai. CV. Sahabat Ternak belum memiliki
divisi khusus yang menangani kegiatan public relations. Hasil keselurahan dapat
disimpulkan kegiatan komunikasi pemasaran CV. Sahabat Ternak belum optimal
dalam meningkatkan jumlah penjualan produk olahan susu kambing dan juga
perlu adanya pembenahan yang menyeluruh dari tenaga pemasaran yaitu tenaga
penjualan, divisi public relations, dan divisi periklanan.
Kata Kunci : Susu Kambing, Produk, Komunikasi, Strategi Pemasaran, Penjualan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 04:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 04:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |