PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Pengguna Online Marketplace Tokopedia)

Ltika, Zidana (2019) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Pengguna Online Marketplace Tokopedia). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji pengaruh online consumer review dan rating terhadap kepercayaan serta dampaknya pada keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pengguna online marketplace Tokopedia. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 97 responden mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu pernah menggunakan Tokopedia, menggunakan online consumer review sebagai salah satu rujukan sebelum membeli dan menggunakan rating sebagai salah satu rujukan sebelum membeli. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan metode statistik partial least square (pls-sem). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa online consumer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, rating berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepercayaan, online consumer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, rating berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, online consumer review berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan, rating berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen diharapkan dapat memberikan review dan rating dengan adil dan jujur sesuai dengan apa yang didapatkan dari produk maupun pelayanannya. Tokopedia perlu mengendalikan review-review dari konsumen, meningkatkan sistem pemeringkatan, menanggapi keluhan konsumen dan memperbaiki sistem retur pengembalian produk, gencar melakukan upaya menarik perhatian konsumen, serta mempertimbangkan online consumer review dan rating sebagai salah satu strategi pemasarannya. Kata kunci : online consumer review, rating, kepercayaan, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:11
Last Modified: 14 Jun 2019 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item