PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAOS OBLONG MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus di PT Aseli Dagadu Djokdja, Yogyakarta)

Larasati, RR Felicia Dyah (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAOS OBLONG MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus di PT Aseli Dagadu Djokdja, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

PT Aseli Dagadu Djokdja merupakan perusahaan yang memproduksi produk yang berkaitan dengan budaya dan keunikan Yogyakarta, salah satunya adalah kaos oblong. Permintaan kaos oblong memiliki sifat musiman, yaitu akan naik pada saat sesi peak season dan akan turun pada saat sesi normal. Hal ini menyebabkan adanya kekurangan stock pada sesi peak season yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan stock berlebih ketika sesi normal yang menimbulkan penambahan biaya penyimpanan dan resiko kerusakan bahan baku seperti pudarnya warna kain. Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan pengendalian persediaan kaos oblong untuk menentukan waktu pemesanan dan jumlah pemesanan kain yang optimal agar dapat meminimasi total biaya persediaan dengan menggunakan metode monte carlo. Pada penelitian ini dilakukan pembangkitan sebanyak 2 alternatif skenario kebijakan untuk menentukan solusi terbaik. Pada skenario A pemesanan dilakukan berdasarkan pemesanan ketika stock pada batas waktu tertentu, sedangkan skenario B pemesanan dilakukan setiap 7 hari. Simulasi dilakukan menggunakan Microsoft Excel berbasis spreadsheet. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis,terpilih bahwa skenario A merupakan solusi terbaik. Selisih total biaya persediaan kaos lengan panjang warna hitam ukuran Big Size pada bulan Desember 2017 antara skenario A dengan sistem nyata adalah Rp25.380.228. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan skenario A perusahaan dapat menghemat biaya persediaan yang cukup besar. Sedangkan selisih total biaya persediaan skenario B dengan sistem nyata adalah -Rp177.637.272. Hal ini menunjukkan bahwa jika menggunakan skenario B, perusahaan dapat mengalami pembengkakan biaya yang cukup besar. Kata kunci: simulasi monte carlo, musiman, lead time probabilistik, kaos oblong, minimasi biaya persediaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Jun 2019 05:07
Last Modified: 13 Jun 2019 05:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item