PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Jasa sub sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Zuliandhika, Dhamasko (2019) PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Jasa sub sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Dhamasko Zuliandhika, Nomor Induk Mahasiswa 152150039, Progam Studi Ilmu Admisistrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Intervening Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Dosen Pembimbing I Sadeli dan Dosen Pembimbing II Suratna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung perputaran modal kerja terhadap profitabilitas dan pengaruh tidak langsung perputaran modal kerja terhadap profitabilitas melalui likuiditas sebagai variabel intervening pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Metode statistik yang digunakan adalah statistik desktiptif, serta analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari Perputaran Modal Kerja (WCT) terhadap Profitabilitas (ROA) dengan nilai sig 0,003 (p < 0,05). Ada pengaruh signifikan dari Perputaran Modal Kerja (WCT) terhadap Likuidititas (CR) dengan nilai sig 0,047 (p < 0,05). Ada pengaruh signifikan dari Likuiditas (CR) terhadap Profitabilitas (ROA) dengan nilai sig 0,007 (p < 0,05). Dan tidak ada pengaruh mediasi Perputaran Modal Kerja (WCT) terhadap Profitabilitas (ROA) melalui Likuiditas (CR) dengan nilai t hitung 1,507225224 < t tabel 1,98081 (df=115). Kesimpulan, secara parsial variabel Perputaran Modal Kerja (WCT) berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas (CR) dan Profitabilitas (ROA). Likuiditas (CR) juga berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Sedangkan pengaruh tidak langsung antara Perputaran Modal Kerja (WCT) terhadap Profitabilitas (ROA) melalui Likuiditas (CR) tidak berpengaruh signifikan. Saran penelitian, bagi perusahaan, hendaknya perusahaan meningkatkan pengelolaan modal kerjanya agar profitabilitas ikut meningkat dan tetap memperhatikan kemampuan likuiditasnya. Bagi investor, investor perlu memperhatikan kembali likuiditas perusahaan sebelum menanamkan modalnya karena jika likuiditas perusahaan terlalu tinggi maka perusahaan kurang efisien dalam mengelola modal kerjanya. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan menggunakan jenis penelitian yang berbeda dan memperpanjang periode pengamatan, sebab semakin besar kesempatan untuk melakukan pengamatan yang akurat, dan dianjurkan untuk lebih mencermati kesesuaian teori dan obyek yang akan diteliti. Kata Kunci : Perputaran Modal Kerja (WCT), Likuiditas (CR), Profitabilitas (ROA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 28 May 2019 03:23
Last Modified: 28 May 2019 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item