STRATEGI KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN DENGAN MEMANFAATKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI KASUS KOPERASI SERBA USAHA JATIROGO KULON PROGO YOGYAKARTA)

KISPRIYANNINGRUM, INDAH (2019) STRATEGI KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN DENGAN MEMANFAATKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI KASUS KOPERASI SERBA USAHA JATIROGO KULON PROGO YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK (Indah Kispriyanningrum 021).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK (Indah Kispriyanningrum 021).pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of COVER ( Indah Kispriyanningrum 021).pdf]
Preview
Text
COVER ( Indah Kispriyanningrum 021).pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI (Indah Kispriyanningrum 021).pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI (Indah Kispriyanningrum 021).pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN (Indah Kispriyanningrum 021).pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (Indah Kispriyanningrum 021).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of SKRIPSI--Indah-Kispriyanningrum-.pdf] Text
SKRIPSI--Indah-Kispriyanningrum-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi program kegiatan CSR yang diberikan Hivos, Agritera, dan Bank Indonesia kepada KSU Jatirogo (2) Mengkaji pengelolaan program CSR yang diberikan Hivos, Agritera, dan Bank Indonesia oleh KSU Jatirogo (3)Mengkaji kemandirian KSU Jatirogo setelah memanfaatkan program CSR (4)Mengkaji strategi yang diterapkan oleh KSU Jatirogo untuk mewujudkan kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan studi kasus dan pengambilan informan secara Snowball Sampling, yaitu PJ ketua KSU Jatirogo, bendahara, mantan ketua KSU Jatirogo, bidang Administrasi, koordinator bidang ICS, dan bidang kualitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan teknik triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1)Program yang diberikan oleh Hivos dan Bank Indonesia berupa fisik dan non fisik, sedangkan program yang diberikan oleh Agriterra berupa non fisik. (2)Pengelolaan program CSR berjalan dengan lancar, namun ada beberapa program kegiatan yang tidak berjalan dengan lancar akibat adanya kendala. (3)Kemandirian pada KSU Jatirogo yaitu peningkatan kapasitas manusia, kapasitas lingkungan, kapasitas kelembagaan sedangkan kapasitas usaha belum bisa dikatakan mandiri. (4)Strategi yang diterapkan KSU Jatirogo dalam memanfaatkan program CSR yaitu (a)Mempertahankan budidaya secara organik dengan pembuatan sertifikat organik. (b)Melakukan diskusi dengan petani untuk mengetahui potensi dan kendala. (c)Mengadakan pelatihan, pelengkapan peralatan, penguatan kelembagaan dengan pembentukan koperasi difasilitasi oleh CSR. Kata kunci: Strategi, Kemandirian, Program CSR

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kemandirian, Program CSR
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 May 2019 03:37
Last Modified: 25 Jan 2024 01:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item