PENENTUAN BAHAN YANG OPTIMAL PADA PENYAMAKAN KULIT TERHADAP KEKUATAN TARIK MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Fajar Makmur Leather Art, Yogyakarta)

Septiana, Astrid (2019) PENENTUAN BAHAN YANG OPTIMAL PADA PENYAMAKAN KULIT TERHADAP KEKUATAN TARIK MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Fajar Makmur Leather Art, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK astrid.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK astrid.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI,GAMBAR astrid 2.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI,GAMBAR astrid 2.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan scan.pdf]
Preview
Text
Lembar pengesahan scan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstract

skins) menjadi kulit jadi atau kulit tersamak (leather) dengan menggunakan bahanpenyamak. Pada proses penyamakan, semua bagian kulit mentah yang bukan colagen sajayang dapat mengadakan reaksi dengan zat penyamak.Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah bahan baku, sehingga kebutuhan kualitas yang baik diharapkan mampu merancang produk dengan bahan baku yang murah, tetapi dengan output yang baik.Salah satu sifat mekanik yang perlu diperbaiki adalah kekuatan tarik.Industri kulit kulit menggunakan kulit sapi sebagai bahan baku dalam pembuatan aksesoris, kerajinan dan pakaian, karena kulit sapi mampu mempertahankan kualitas produk 50% lebih kuat daripada bahan kulit sintetis (tiruan).Salah satu produk kerajinan yang memerlukan kekuatan tarik antara lain kerajinan tas kulit sapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kombinasi parameter proses (faktor dan level) yang menghasilkan nilai kekuatan tarik yang optimal pada bahan penunjang penyamakan kulit sodium bicarbonat, minyak dan syntan.
Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengkombinasikan faktor dan level yang berpengaruh terhadap kekuatan tarik bahan menggunakan Metode Taguchi. Objek pengamatan yang diteliti adalah proses penyamakan kulit sapi bahan sodium bicarbonate, minyak dan syntan yang diproses menggunakan drum tanning. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sodium bicarbonat sebesar 0,2 %, 0,3%, dan 0,4%, minyak sebesar 12,5%,13%, dan 13,5%, dan syntan sebesar 13%, 14%, dan 15%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kekuatan tarik berdasarkan analisis persen kontribusi yaitu komposisi syntan% sebesar 34,01%. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah faktor A level 3 yaitu sodium bicarbonat sebesar 0,4%, faktor B level 3 yaitu minyak sebesar 13%, dan faktor C level 2, syntan sebesar 14%. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mempertimbangkan penambahan variasi level untuk proporsi bahan penyamakan kulit serta penambahan karakteristik kualitas selain kekuatan tarik.
Kata kunci:Penyamakan kulit, proporsi bahan,kekuatan Tarik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penyamakan kulit, proporsi bahan,kekuatan Tarik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 May 2019 01:55
Last Modified: 29 Jan 2024 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item