PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DENGAN PROFITABILITAS DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Penerbit Obligasi Yang Dinilai Oleh PEFINDO Pada Periode 2016-2017)

PRAYUDHA, ORYZA HADI (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI DENGAN PROFITABILITAS DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Penerbit Obligasi Yang Dinilai Oleh PEFINDO Pada Periode 2016-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_ORYZA HADI PRAYUDHA.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia atau biasa diakronimkan dengan PT PEFINDO. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 50 perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap peringkat obligasi. Sedangkan ukuran perusahaan terhadap leverage dan profitabilitas terhadap peringkat obligasi menunjukkan hasil tidak berpengaruh signifikan. Secara tidak langsung, profitabilitas dan leverage tidak mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap peringkat obligasi. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh terhadap peringkat obligasi, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas. Saran dari penelitian ini ditujukan untuk dua pihak yang berkepentingan yaitu investor dan perusahaan yang diteliti. Bagi investor disarankan untuk mempertimbangkan peringkat obligasi sebagai salah satu dasar keputusan investasi demi mengurangi risiko investasi yang dapat diterima. Bagi perusahaan disarankan untuk semakin meningkatkan jumlah aset atau aktiva perusahaan guna mengurangi risiko gagal bayar karena aset dapat dijadikan jaminan atas penerbitan obligasi perusahaan. Kata Kunci : Peringkat obligasi, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:24
Last Modified: 24 Apr 2019 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item