IDENTIFIKASI PENYEBAB KECACATAN PRODUK KAIN GREY MENGGUNAKAN METODE TEORIYA RESHENIYA IZOBREATATELSKIKH ZADATCH (TRIZ) (Studi Kasus di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta)

Insyoraki, Fitri Feibe Handayani (2019) IDENTIFIKASI PENYEBAB KECACATAN PRODUK KAIN GREY MENGGUNAKAN METODE TEORIYA RESHENIYA IZOBREATATELSKIKH ZADATCH (TRIZ) (Studi Kasus di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Iskandar Indah Printing Textile merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang textile. PT Iskandar Indah Printing Textile hanya berfokus pada kecacatan produk akhir di bagian finishing dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi cacat produk diabaikan oleh perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya kecacatan yang terjadi seperti adanya benang putus, kain ketebalan, kain ketipisan, dan terkena oli, sehingga target perusahaan sebesar 0,5% tidak dapat dicapai. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengurangi cacat produk kain grey. Tahapan pertama penelitian ini adalah menganalisis proses produksi dan peta kendali u untuk mengetahui ada tidaknya data diluar batas kendali. Apabila ada data yang diluar batas kendali maka diperlukan analisis data menggunakan diagram sebab-akibat untuk mengetahui penyebab cacatnya produk kain grey. Oleh karena itu, tahapan akhir dari penelitian ini adalah analisis TRIZ untuk mendapatkan solusi bagi permasalahan kecacatan pada produksi kain grey. Hasil dari penelitian ini adalah penyebab kecacatan kain grey dipengaruhi oleh manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan. Faktor penyebab kecacatan yang paling berpengaruh adalah manusia dan mesin. Solusi yang disarankan menggunakan menggunakan metode TRIZ berdasarkan prinsip 40 TRIZ adalah dengan intermediary (prinsip 24), copying (prinsip 26), colour changes (prinsip32), dan preliminary action (prinsip 10). Kata kunci: Produk cacat, peta kendali u, diagram sebab-akibat, TRIZ

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:51
Last Modified: 11 Apr 2019 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item