Fauzi, Muhammad Rafid Dzaky (2019) STRATEGI CSR PT ANGKASA PURA I PERSERO BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi Kasus pada CSR Balkondes Bigaran, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (219kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (62kB) | Preview |
Text
Muhammad-Rafid.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Redupnya daerah-daerah sekitar kawasan wisata Candi Borobudur diantaranya disebabkan oleh kurangnya perhatian akan pemerataan pembangunan desa-desa pada Kecamatan Borobudur. Balkondes atau Balai Ekonomi Desa yang merupakan program Kementrian BUMN memiliki tujuan besar untuk menghidupkan potensi positf desa – desa sekitar Borobudur yang akan dirasakan masyarakat sekitar Candi Borobudur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi, dampak serta hambatan dalam CSR PT Angkasa Pura I (Persero) dalam program Balkondes Bigaran menggunakan pendekatan community development. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memahami dan mengeksplorasi fenomenoa utama dalam suasana ilmiah (naturalistis setting) dengan menggunakan teori perencanaan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PT Angkasa Pura I (Persero) pada program CSR Balkondes Bigaran menggunakan konsep bottom-up planning yang menjalankan model two – way symetrical model of communication. Pada bottom-up planning, perusahaan berusaha untuk mengetahui secara langsung akan berbagai aspek yang masyarakat Desa Bigaran ingin tingkatkan dan kembangkan kedepannya. Perancangan program Balkondes Bigaran yang didasarkan pada kebutuhan dan potensi masyarakat pada aspek ekonomi, sosial dan budaya yakni: 1) Pembangunan joglo dan homestay Balkodnes Bigaran 2) Pelatihan produksi hingga pengolahan kakao 3) Bantuan alat produksi kakao 4) Pemasaran produk 5) Branding keunggulan kompetitif pada 6 dusun di Desa Bigaran. Hambatan dan evaluasi yang didapati pada program tersebut yaitu untuk senantiasa menjaga semangat dan kepercayaan masyarakat Desa Bigaran dalam bekerja dan berwirausaha di Balkondes Bigaran, terutama untuk membangun Desa Bigaran itu sendiri. Keywords: Candi Borobudur, Balkondes, bottom – up planning, two – way symetrical
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:33 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 01:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19135 |
Actions (login required)
View Item |