PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS UNTUK MEMINIMASI ONGKOS MATERIAL HANDLING DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (Studi Kasus Pada UD. Hari Mukti Teknik Bantul)

Putranto, Andrew Adytio (2019) PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS UNTUK MEMINIMASI ONGKOS MATERIAL HANDLING DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (Studi Kasus Pada UD. Hari Mukti Teknik Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Cover DENGAN NOMER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Lembar pengesahan cap.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

UD. Hari Mukti Teknik merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan mesin laundry dengan merek kanaba, proses produksi pembuatan mesin laundry tersebut di kerjakan mesin dan peralatan pada lantai produksi. UD. Hari Mukti Teknik memiliki permasalahan pada tata letak lantai produksi, kondisi tersebut di lihat dari jauhnya jarak pemindahan bahan dan aliran material, perusahaan ini mempunyai produk dengan kapasitas 90 kilogram dengan panjang 1,72 meter, lebar 1,45 meter, dan tinggi 2,59 meter. Lebar jalur untuk memindahkan produk tersebut hanya seluas 1,2 meter sehingga berakibat adanya fasilitas kerja harus dipindahkan. Apabila masalah tata letak dibiarkan akan menghambat kelancaran proses produksi secara keseluruhan dan berakibat juga pada biaya penangan barang yang tinggi . Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan tata letak fasilitas yang ada di area produksi UD. Hari Mukti Teknik agar biaya penanganan barang maksimal. Perancangan ulang tata letak fasilitas menggunakan metode systematic layout planning (SLP). SLP terdiri dari tahap analisis, tahap penyesuaian dan tahap evaluasi. Tahap analisis yaitu analisis aliran material, ARC, ARD, dan kebutuhan luas area. Tahap penyesuaian yaitu perencanaan diagram hubungan ruangan dan perancangan alternatif layout dan pada tahap evaluasi dilakukan pemilihan terhadap alternatif rancangan layout. Berdasarkan pengolahan data, hasil perhitungan material handling pada layout awal total jarak sebesar 76102.56/pertahun dengan total OMH/pertahun yaitu Rp. 207. 814.572. Perhitungan material handling pada layout usulan 1 total jarak sebesar 42995,16 dan total OMH/pertahun yaitu Rp. 192.066.207. Sedangkan pada layout usulan 2 total jarak material handling/pertahun yaitu 38361.6 meter dan total OMH/pertahun yaitu Rp. 188.898.117. Layout usulan yang di rekomendasikan yaitu layout usulan 2. Kata Kunci: tata letak fasilitas, ongkos material handling (OMH), systematic layout planning (SLP), activity relationship chart (ARC), activity relationship digram(OMH).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:27
Last Modified: 04 Apr 2019 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item