POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DESA WISATA DALAM MENGEMBANGKAN KAWASAN DESA WISATA BERKELANJUTAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pengelola Desa Wisata Batik Giriloyo Wukirsari, Imogiri, Bantul)

Rahmawati, Reykha Octavione (2019) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DESA WISATA DALAM MENGEMBANGKAN KAWASAN DESA WISATA BERKELANJUTAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pengelola Desa Wisata Batik Giriloyo Wukirsari, Imogiri, Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK One.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK One.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of Cover  One.pdf]
Preview
Text
Cover One.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi One 2.pdf]
Preview
Text
daftar isi One 2.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan One.pdf]
Preview
Text
Lembar pengesahan One.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI-REYKHA.pdf] Text
FULL-SKRIPSI-REYKHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Meningkatnya minat wisatawan domestik dan asing pada kunjungan ke daerah
wisata sekarang didukung oleh keseriusan masing-masing daerah di Provinsi
Yogyakarta dalam mengembangkan potensi wisata di masing-masing daerah
mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi
pengelola Desa Wisata Batik Giriloyo dalam mengembangkan kawasan desa
wisata berkelanjutan, menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang
dialami oleh pengelola desa wisata dalam mengembangkan kawasan desa wisata
berkelanjutan, dan menggambarkan upaya yang dilakukan oleh pengelola
pariwisata desa dalam mengembangkan kawasan desa wisata berkelanjutan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori sistem sosial dan
menggunakan konsep pola komunikasi organisasi dan pariwisata berkelanjutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi organisasi yang terjadi
di Desa Wisata Batik Giriloyo dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan
adalah pola komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, dan komunikasi
horizontal. Desa wisata ini adalah salah satu desa wisata yang mewarisi kerajinan
batik sejak abad ke-17, sehingga peran pengelola di sini sangat besar dalam
menjaga keberlanjutan desa wisata hingga saat ini. Selain manajemen internal,
partai pariwisata desa juga menjalin komunikasi ke atas dengan pihak-pihak di
luar organisasi, seperti pejabat desa, pemerintah, mulai dari tingkat kabupaten,
provinsi, hingga tingkat kementerian. Komunikasi dengan pemangku kepentingan
juga terjalin dengan pola komunikasi ke atas. Terkait dengan upaya untuk
mengembangkan pariwisata berkelanjutan, menjaga komunikasi dengan semua
elemen ini adalah kunci penting dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan
di Desa Wisata Batik Giriloyo.
Kata kunci: Desa Giriloyo, Pola Komunikasi, Desa Wisata, Pariwisata
Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:16
Last Modified: 12 Jan 2023 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item