ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PADA PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI TAMBANG POMALAA PT. ANTAM TBK UBPN SULTRA, KABUPATEN KOLAKA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

LAKSONO, CAHYO TRI (2019) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PADA PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI TAMBANG POMALAA PT. ANTAM TBK UBPN SULTRA, KABUPATEN KOLAKA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER OKE.pdf]
Preview
Text
1. COVER OKE.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 2. RINGKASAN DAN ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2. RINGKASAN DAN ABSTRACT.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. Lembar Pengesahan] Other
5. Lembar Pengesahan

Download (997kB)

Abstract

PT. ANTAM Tbk UBPN SULTRA merupakan perusahaan pertambangan bijih nikel yang menggunakan sistem tambang terbuka, dengan metode open pit dan open cast. Umur tambang pada penelitian ini adalah 5 tahun, dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan yaitu, LGSO (Low Grade Saprolite Ore) dengan kandungan Ni 1,6%-1,7%, yang didapatkan dari proses penambangan, dan produk lainnya adalah ferronikel dengan kandungan Ni > 18% yang di dapatkan dari proses pengolahan, harga pada setiap produk didasarkan oleh SKD (surat keputusan direksi) 2018, harga produk LgSo adalah $34/Ton dan harga produk FeNi adalah $5,4/Pon, harga jual yang digunakan tetap pada setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan ekonomi penambangan dengan menghitung besar biaya pengeluaran, besar pendapatan dalam sebuah aliran kas (cash flow), dan menghitung analisis kepekaan (sensitivity analysis), untuk melihat pengaruh dari parameter perubahan harga jual, dan tingkat produksi penambangan. Bunga minimum yang digunakan adalah 20% berdasarkan keuntungan minimum yang diinginkan perusahaan. Eskalasi setiap tahunnya adalah 6%. Struktur permodalan yang digunakan untuk menganalisis kelayakan dan analisis kepekaan pada penelitian ini adalah 100% modal sendiri, 65% modal sendiri 35% modal pinjaman, dan 35% modal sendiri 65% modal pinjaman. Tingkat produksi pada penelitian ini adalah tetap pada setiap tahunnya. Hasil analisis kelayakan dari ketiga struktur permodalan yang digunakan berdasarkan metode Net Present Value (NPV), Discounted Cash Flow Rate of Return (DCFROR) dan Payback Period (PBP), menunjukan bahwa ketiga struktur modal menguntungkan untuk dilaksanakan, tetapi yang memberi keuntungan optimum bagi perusahaan adalah struktur permodalan 35% modal sendiri 65% modal pinjaman. Dengan nilai NPV sebesar Rp. 1.825.376.766.055,- DCFROR sebesar 180,81%, dan waktu pengembalian modal/PBP sebesar 0.34 Tahun. Hasil analisis kepekaan pada perubahan parameter harga jual menunjukan bahwa, pada struktur modal 100% modal sendiri memiliki nilai perubahan yang paling besar dari ketiga struktur modal lainnya dengan nilai persentase perubahan pada NPV adalah, sebesar -86,85% pada saat terjadi penurunan harga 10%, dan 97,12% pada saat terjadi kenaikan harga 10%. Hasil analisis kepekaan pada perubahan parameter tingkat produksi menunjukan bahwa, pada struktur modal 100% modal sendiri memiliki nilai perubahan yang paling besar dari ketiga struktur modal lainnya dengan nilai persentase perubahan pada NPV adalah, sebesar -37,06% pada saat terjadi penurunan tingkat produksi 20%, dan 47,34% pada saat terjadi kenaikan tingkat produksi 20%. Hasil analisis kepekaan diantara 2 parameter yaitu, perubahan harga jual dan tingkat produksi menunjukan bahwa parameter yang paling peka adalah parameter perubahan harga jual.
Kata Kunci : Keuntungan dan Kepekaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Apr 2019 06:56
Last Modified: 14 Jun 2023 07:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19004

Actions (login required)

View Item View Item