ANALISIS RESEPSI KOMODIFIKASI KEMISKINAN ( Studi Pada Konten Video “Sirkus Kemiskinan Di Layar Kaca” Bagi Pengguna Youtube )

NUGROHO, AGUNG (2019) ANALISIS RESEPSI KOMODIFIKASI KEMISKINAN ( Studi Pada Konten Video “Sirkus Kemiskinan Di Layar Kaca” Bagi Pengguna Youtube ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Remotivi sebagai lembaga studi dan pemantauan media memanfaatkan youtube sebagai salah satu sarana penyebaran gagasan dan pandangannya dalam mengkritisi terhadap tayangan yang ada di televisi. Program reality show mikrofon pelunas utang yang menjadi pembahasan dalam salah satu konten video remotivi yang bertajuk sirkus kemiskinan di layar kaca diulas dan menjadi pembahasan dalam konten video tersebut. Komodifikasi kemiskinan menjadi pembahasan pokok dalam isi konten tersebut dijelaskan bahwa ada unsur eksploitasi kemiskinan, dan menjadikan objek kemiskinan sebagai sebuah komoditas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan pengguna youtube terhadap komodifikasi kemiskinan dalam konten video sirkus kemiskinan di layar kaca dalam channel youtube remotivi. Metode yang digunakan adalah analisis resepsi. Peneliti menggunakan teori analisis resepsi dan teori ekonomi politik media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa narasumber mayoritas dengan jumlah enam orang cenderung berada di posisi pemaknaan dominan. Narsumber memaknai sebagai sebuah tontonan yang hanya mengeksploitasi kemiskinan dan adanya kepentingan untuk mencari keuntungan melalui kemiskinan tersebut. Sementara Narasumber dalam posisi pemaknaan negoisasi mengungkapkan bahwa konten video tersebut masih tersegmentasi bagi orang-orang tertentu, belum bisa dipahami oleh sebagian khalayak. Dan seseorang narasumber berada dalam posisi pemaknaan oposisi memaknai sebagai sebuah tontonan yang dapat menggugah rasa kemanusiaan dan kepedulian seseorang, serta ada hubungan timbal balik yang menguntungkan diantara pihak televisi dan kontestan.
Kata kunci : Analisis Resepsi, Komodifikasi kemiskinan, Remotivi, Youtube

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:04
Last Modified: 02 Feb 2024 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19002

Actions (login required)

View Item View Item