PENGARUH IKLAN PRODUCT PLACEMENT GERY SALUUT MALKIST TERHADAP BRAND AWARENESS DI SINETRON “DUNIA TERBALIK” RCTI (Survei Pada Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap)

Habibah, Rizka Amira (2019) PENGARUH IKLAN PRODUCT PLACEMENT GERY SALUUT MALKIST TERHADAP BRAND AWARENESS DI SINETRON “DUNIA TERBALIK” RCTI (Survei Pada Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fenomena iklan pada saat jeda komersial sering dilewatkan oleh pemirsa membuat pengiklan beralih pada strategi product placement. Saat ini, iklan product placement tengah gencar-gencarnya muncul dalam tayangan sinetron, salah satunya pada sinetron Dunia Terbalik RCTI. Product placement erat kaitanya dengan pembentukan brand awareness di benak khalayak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh iklan product placement Gery Saluut Malkist terhadap brand awareness yang dipengaruhi tingkat pendidikan di sinetron Dunia Terbalik RCTI. Populasi penelitian ini adalah 140 orang ibu-ibu peserta PKK di Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan 104 orang sebagai responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei. Teknik pengumpulan data menggunakann kuesioner dengan jumlah 40 pertayaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teori dalam penelitian ini adalah teori perbedaan individu dengan menggunakan metode psikodinamik dalam proses persuasi. Berdasarkan pengujian hipotesis pertama menggunakkan sofware SPSS versi 20.0 diperoleh nilai signifikansinya t hitung sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha1 diterima. Selanjutnya hipotesis kedua menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi t hitung sebesar 0,0395 < 0,05, maka Ha2 diterima. Artinya tingkat pendidikan yang bervariasi tiap responden mumpunyai efek pada iklan product placement terhadap brand awareness, bahwa tingkat pendidikan yang tinggi membuat intensitas responden dalam mengamati iklan product placement menjadi tinggi, begitu pula dengan tingkat brand awareness responden. Namun, apabila tingkat pendidikan responden rendah, maka intensitas responden dalam mengamati iklan product placement menjadi rendah, begitu pula dengan tingkat brand awareness responden yang juga menjadi rendah. Kata Kunci : Iklan Product Placement, Tingkat Pendidikan, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:52
Last Modified: 29 Mar 2019 01:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18949

Actions (login required)

View Item View Item