STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA PULEWULUNG DALAM MENERAPKAN KONSEP KOMUNIKASI PARIWISATA BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE TOURISM)

Putri, Nabila Diandra (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA PULEWULUNG DALAM MENERAPKAN KONSEP KOMUNIKASI PARIWISATA BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE TOURISM). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan dan destinasi wisata, Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berupaya meningkatkan sarana dan prasaran yang menunjang kegiatan pariwisata. Tidak terkecuali pada guest house maupun homestay, jumlahnya semakin meningkat dengan berdirinya beberapa desa wisata di Kabupaten Sleman. Untuk itu diperlukan upaya bagi pengelola Desa Wisata Pulewulung agar bisa bersaing dengan destinasi wisata lain dan mempertahankan keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pengelola Desa Wisata Pulewelung dalam menerapkan konsep komunikasi pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Desa Wisata Pulewulung dalam strategi pemasarannya menggunakan konsep marketing mix dalam 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Kegiatan promosi didukung dengan promotion mix atau bauran promosi. Namun pengelola hanya menggunakan tiga dari lima strategi promosi yaitu direct marketing, public relations dan publisitas, serta periklanan. Dalam pelaksanaan strategi pemasarannya, Desa Wisata Pulewulung menerapkan beberapa kegiatan komunikasi pariwisata dan kegiatan pemasarannya dilakukan oleh pengelola yang masih berusia remaja. Pengelolaan Desa Wisata Pulewulung ini juga bekerjasama dengan beberapa pihak yang membantu penerapan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) sehingga berdirinya desa wisata ini dapat memberi banyak kemanfaatan bagi warga sekitar. Dengan adanya analisis mengenai kelebihan dan kekurangan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan peneliti, diharapkan dapat memberi kontribusi agar kegiatan pariwisata di Desa Wisata Pulewulung dapat berkelanjutan. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Desa Wisata Pulewulung, Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:21
Last Modified: 01 Apr 2019 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item View Item