KAJIAN STABILISASI TANAH TIMBUNAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA DUKUNG SEBAGAI JALAN SEMENTARA PADA TAMBANG BATUBARA X, KABUPATEN MUARA ENIM

ZULFAHRI, MUHAMAD RIZKIANSYAH (2019) KAJIAN STABILISASI TANAH TIMBUNAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA DUKUNG SEBAGAI JALAN SEMENTARA PADA TAMBANG BATUBARA X, KABUPATEN MUARA ENIM. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Ringkasan_MRZ.pdf]
Preview
Text
2. Ringkasan_MRZ.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel Tesis_MRZ_RAH.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel Tesis_MRZ_RAH.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

Dalam membuat jalan, tanah dasar merupakan bagian yang sangat penting karena tanah dasar akan mendukung beban dari alat yang bekerja di atasnya. Jika tanah dasar merupakan timbunan yang tidak terpadatkan maka akan mempunyai daya dukung rendah, oleh karena itu salah satu hal yang dapat menimbulkan amblasan pada tanah dasar dan kemampuan daya dukung tanah dasar menjadi kurang baik. Stabilisasi pada tanah dasar merupakan rekayasa perkuatan terhadap landasan alat angkut. Cara yang paling sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pemadatan dengan melihat pada kondisi tanah dasar yang memiliki California Bearing Ratio (CBR) yang tinggi sesuai dengan syarat pada kontruksi pembuatan landasan kerja alat angkut. Selain itu untuk meningkatkan nilai daya dukung tanah dengan cara menambahkan material yang lebih kuat untuk memperbaiki tanah dasar. Kedua hal tersebut diharapkan dapat menaikkan nilai kemampuan untuk dapat menahan beban alat berat yang akan beroperasi di atas tanah dasar. Hasil pengujian CBR dan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) pada material borrow pit yaitu material yang berada antara overburden dengan seam A (OB-A1), material yang berada antara seam A dengan seam B (A2-B1) dan material yang berada antara seam B dengan seam C (B2C), menunjukkan pada material B2C nilai lebih besar dari material lainnya. Penentuan cara untuk meningkatkan nilai daya dukung tanah (DDT) dengan Hasil uji coba improvement adalah - Penebaran material borrow pit pada setiap lapisan setebal 35 cm dengan hasil akhir pemadatan setebal 30 cm, penambahan material lapisan sampai dengan 100 cm. - Pengecekan nilai kadar air pada material timbunan dan pada material borrow pit dengan nilai minimal 18% dan maksimal 21%. - Setiap lapisan material subbase divalidasi dengan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) langsung di lapangan untuk mengatahui nilai batasan nilai CBR yang telah ditentukan yaitu subgrade 5% dan pada subbase 30%. - Lintasan alat pemadatan pada saat pemadatan yaitu 8 lintasan. - Hasil uji coba pada material nilai daya dukung taah subgrade 729,86 kPa dan subbase 894,17 kPa sehingga mampu untuk menahan dari beban statis truk sebesar 688 kPa dan beban truk dinamis 825 kPa. Hasil validasi beban statis dan beban dinamis dengan menggunakan analisis elemen hingga pada material timbunan displacement sebesar 72 mm dan 88 mm, OB-A1 (material yang berada antara overburden dengan seam A) displacement 56 mm dan 68 mm, material A2-B1 (material yang berada antara seam A dengan seam B) displacement 55 mm dan 67 mm serta material B2C (material yang berada antara seam B dengan seam C) displacement sebesar 54 mm dan 64 mm.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2019 06:56
Last Modified: 06 Feb 2024 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18900

Actions (login required)

View Item View Item