ANALISIS RESEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP IKLAN (Studi Iklan Indonesia Bergerak Bersama Gerindra dan Rakyat Versi “Sarjana Kerja Kerja Kerja” di Media Sosial)

Oktayusita, Setiya Hertanti (2019) ANALISIS RESEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP IKLAN (Studi Iklan Indonesia Bergerak Bersama Gerindra dan Rakyat Versi “Sarjana Kerja Kerja Kerja” di Media Sosial). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingginya angka penggunaan media sosial oleh generasi milenial di Indonesia saat ini mulai dimanfaatkan oleh partai politik sebagai media beriklan. Pada Desember 2018, Partai Gerindra menampilkan sebuah iklan berjudul “Indonesia Bergerak Bersama Gerindra dan Rakyat versi Sarjana Kerja Kerja Kerja”, namun karena penggunaan simbol dan visualisasi di dalamnya, iklan tersebut menjadi viral dan menimbulkan kontroversi di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan generasi milenial terhadap iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis resepsi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teori yang digunakan antara lain encoding-decoding, analisis resepsi dan new media theory. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga posisi pemaknaan generasi milenial terhadap iklan, yaitu dominan, negosiasi dan oposisi. Pada posisi dominan, generasi milenial memandang iklan tersebut sebagai iklan yang baik karena berhasil mengkritik pemerintah saat ini dengan menyajikan realita permasalahan yang ada. Pada posisi negosiasi, iklan tersebut dimaknai sebagai iklan yang mengandung pesan kritik tanpa solusi dan pada posisi ini generasi milenial menolak penggunaan simbol profesi dan gelar di dalamnya. Sedangkan pada posisi oposisi iklan tersebut dianggap irrelevant dengan kondisi masyarakat saat ini dan masuk dalam kategori blackcampaign. Selain dipengaruhi oleh karakteristik generasi milenial, terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi seperti latar belakang pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kecenderungan generasi milenial terhadap partai politik. Kata Kunci : analisis resepsi, generasi milenial, iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:42
Last Modified: 27 Mar 2019 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item