PENENTUAN STRATEGI BERSAING INDUSTRI ABON SAPI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung, Boyolali, Jawa Tengah)

Arfiyanto, Alvin (2019) PENENTUAN STRATEGI BERSAING INDUSTRI ABON SAPI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung, Boyolali, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak-converted.pdf]
Preview
Text
Abstrak-converted.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Cover_TA-converted.pdf]
Preview
Text
Cover_TA-converted.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi-converted.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi-converted.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full-Alvin-Arfiyanto-122140133-converted.pdf] Text
Skripsi-Full-Alvin-Arfiyanto-122140133-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung merupakan salah satu produsen abon di wilayah Boyolali. Selama ini produk yang dihasilkan oleh UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung dipasarkan di daerah Boyolali dan Jakarta. Permintaan abon dalam satu bulan, rata – rata adalah 2.500 kg. Permintaan ini cenderung stagnan, hal ini mengakibatkan UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung tidak mampu berkembang. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi bersaing yang harus dilakukan UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung untuk meningkatkan daya saing di pasaran dengan menggunakan analsisis SWOT dan QSPM.
Proses penentuan strategi bersaing dapat dicapai dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yakni kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman menggunakan matriks IFE dan EFE. Selanjutnya menentukan alternatif strategi dengan analisis SWOT dan menentukan prioritas strategi yang mampu diimplementasikan oleh UKM Abon dan Dendeng Sapi Cap Burung dengan menggunakan analisis QSPM.
Berdasarkan analisis SWOT yang sudah dialakukan diperoleh beberapa alternatif strategi yaitu, penetrasi pasar, meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama, menignkatkan pelayanan konsumen, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran/ promosi, mengadakan atau mengikuti pelatihan bagi pimpinan dan karyawan, mempertahankan citra UKM, meneyesuaikan harga jual dengan kondisi ekonomi saat ini, meningkatkan daya tarik produk, dan fokus terhadap omset daripada keuntungan. Selanjutnya untuk memperoleh strategi yang dapat diimplementasikan oleh UKM dilakukan analisis QSPM, dari analisis ini diperoleh strategi yang sesuai dan mampu diimplementasikan oleh UKM, yaitu strategi meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama dengan skor TAS 6,5484.
Kata kunci : strategi bersaing, IFE, EFE, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:52
Last Modified: 07 Feb 2023 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item