PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN EARNING PER SHARE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016 )

ARDIANTO, M.INDRA (2019) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN EARNING PER SHARE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016 ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) periode 2012-2016. Sebuah perusahaan yang baik hendaknya memiliki sumber daya intelektual dan kemampuan dalam pencapain tujuan perusahaan. Perusahaan mampu berkembang dan bersaing dengan adanya inovasi kreatif yang berasal dari modal intelektual. Perusahaan dapat dikatakan mampu memaksimalkan nilai perusahaan jika laba per saham yang mereka peroleh terus meningkat. Nilai EPS yang tinggi akan menunjukan kinerja yang baik Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji f, uji t, dan uji R square. Hasil analisis uji t diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Intellectual Capital (VAIC) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Pengelolaan dan penggunaan intellectual capital secara efisien oleh perusahaan akan meningkatkan apresiasi investor terhadap nilai pasar perusahaan, karna investor akan memberikan penilaian yang lebih tinggi pada perusahaan yang tidak hanya dilihat pada modal fisik yang dimiliki perusahaan saja tetapi juga dilihat dari human capital dan struktur modalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial earning per share berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa para investor perlu memperhitungkan besar kecilnya nilai EPS. Karna besar kecilnya EPS mempengaruhi harga saham di pasar modal dan nilai perusahaan. EPS menunjukkan jumlah pendapatan yang diterima dari setiap lembar saham yang beredar. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh intellectual capital dan earning per share terhadap nilai perusahaan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan. Kata kunci : Intellectual Capital, Earning Per Share, Price Book Value

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:13
Last Modified: 18 Mar 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item