PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP WORD OF MOUTH (SURVEY PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUA PINDUL, KABUPATEN GUNUNG KIDUL)

FARID SUDIRMAN, MIFTAH (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITRA, DAN KEPUASAN TERHADAP WORD OF MOUTH (SURVEY PADA PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUA PINDUL, KABUPATEN GUNUNG KIDUL). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover scan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi scan.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan scan.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran objek wisata Gua Pindul khususnya Word Of Mouth (WOM) yang di pengaruhi oleh kualitas pelayanan, persepsi harga, citra, dan kepuasan. Dewasa ini WOM telah berkembang menjadi alat pemasaran yang efektif yang tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan. Oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan faktor faktor pembentuk WOM. Dalam penelitian ini peneliti melakukan survey pada 100 responden dengan bantuan kuesioner dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan skala likert. Hasil data yang didapat kemudian diolah menggunakan software SPSS untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Kemudian peneliti menggunakan software WarpPLS-SEM 6.0 untuk melakukan structural equation modelling (SEM). Hasil dari analisis SEM ini menghasilkan informasi berupa outer model, model fit, inner model, uji koefisien determinasi (R2) dan uji t. Dari analisis ini dapat diketahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, citra, dan kepuasan dalam membentuk WOM. Dari analisis ini juga dapat disimpulkan mengenai saran dan masukan khususnya untuk pengelola objek wisata gua Pindul untuk meningkatkan WOM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan. Kemudian kepuasan berpengaruh secara langsung terhadap word of mouth. Maka dari itu dapat disimpulkan untuk menunjang WOM, pengelola objek wisata Gua Pindul perlu untuk memperhatikan perihal kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra. Kata kunci : Word of mouth (WOM), kualitas pelayanan, persepsi harga, citra, kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Mar 2019 03:19
Last Modified: 14 Mar 2019 03:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item